Kabut Tebal Menyelimuti Bulungan

id ,

Kabut Tebal Menyelimuti Bulungan

Kabut Bulungan Kian Pekat (Datiz)

Oleh M Rusman

Bulungan (Antara News Kaltara) - Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara diselimuti kabut asap tebal sejak beberapa pekan terakhir yang terdeteksi akibat pembakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Timur.

Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Bulungan Raden Eko Sarjono di Tanjung Selor, Minggu, mengatakan hasil pantauan Satelit Terra/Aqua milik Nasa menunjukkan kabut asap yang melanda daerah itu sejak tiga pekan terakhir merupakan kiriman dari Kalimantan Timur.

Kabut asap hingga ke Kabupaten Bulungan diakibatkan hembusan angin dari arah selatan menuju barat daya dengan kecepatan 4-5 knot menyebabkan kondisi cuaca semakin buruk oleh kabut asap tersebut.

"Kabut asap yang melanda Kabupaten Bulungan sejak tiga pekan lalu ini merupakan hasil kiriman dari Kaltim akibat kebarakan hutan dan lahan," ujar Raden Eko Sarjono.

Ia menambahkan, daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan itu terjadi di Kabupaten Berau, tepatnya di Kecamatan Tabalar dan Talisayan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bulungan.

BMKG setempat mengakui, kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Berau karena memang terdapat sejumlah titik api yang rawan mengalami kebakaran yang menyebabkan jarak pandang hanya sekitar 2.000 meter.

Kabut asap yang semakin tebal itu menyebabkan pula tidak adanya penerbangan dari Samarinda menuju Tanjung Selor sehingga masyarakat setempat mengalami berbagai kendala khususnya yang hendak menggunakan jasa transportasi udara.

Meskipun hujan sekali-kali turun di Kabupaten Bulungan hanya mampu menghilangkan kabut asap untuk sementara waktu, setelah itu kabut asap kembali berlangsung.