Pengecualian Moratorium Penerimaan CPNS Kaltara

id ,

Pengecualian Moratorium Penerimaan CPNS Kaltara

Menteri Pendayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnadi (Dok Antaranews)

PENGECUALIAN MORATORIUM PENERIMAAN CPNS UNTUK KALTARA

Oleh M Rusman

Nunukan (Antara News Kaltara) - Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menyatakan Menteri Pendayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnadi membuat pengecualian moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2016 untuk Kaltara.

"Menteri PAN dan RB memberikan pengecualian kepada Kaltara soal penerimaan CPNS yang membatasi kuota kepada daerah," ujar Irianto Lambrie melalui siaran persnya di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, dia meminta kepada Biro Kepegawaian dan Diklat untuk membuat usulan kuota yang baru penerimaan CPNS untuk formasi tahun ini (2016).

Berkaitan dengan hal itu, Kepala Bidang Kepegawaian dan Diklat Setdprov Kaltara, Hamsi menjelaskan, Provinsi Kaltara telah membuat formasi untuk lima tahun ke depan sebanyak 6.000 CPNS sehingga setiap tahunnya dapat mengusulkan sebanyak 1.200 formasi termasuk kebutuhan kabupaten/kota.

Sesuai hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja yang di lakukan Pemprov Kaltara pada 2015 dan 2016 jumlah PNS yang dibutuhkan sebanyak 2.400 orang dan telah diinput kepada Kementerian PAN dan RB.

"Hasil input kepada Kementerian PAN dan RB sejak 2015-2016 jumlah kuota yang dibutuhkan sebanyak 2.400 formasi. Jadi sisa menunggu berapa jumlah kuota yang disetujui," ujar Hamsi.

Ia juga menyampaikan bahwa masalah kebutuhan PNS bagi Kaltara dengan jumlah yang cukup besar disebabkan masih minimnya sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki saat ini sementara pelayanan maksimal kepada masyarakat juga sangat dibutuhkan.