Bunda Hayati Jadi Perhatian Serius Pemprov

id ,

Bunda Hayati Jadi Perhatian Serius Pemprov

DISEMINARKAN : Ketua Tim Pengembangan ruang terbuka hijau (RTH) Endah Megawati memaparkan laporan pendahuluan perencanaan Masterplan dan DED hutan Kota Bunda Hayati, Senin (13/6). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Komitmen pemerintah Republik Indonesia dalam mewujudkan ruang terbuka hijau di setiap daerah di Indonesia menjadi perhatian serius pemprov Kalimantan Utara (Kaltara). Senin (13/6) di ruang serbaguna Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kabupaten Bulungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kaltara, menggelar laporan pendahuluan perencanaan Masterplan dan Detail Engineering Design (DED) hutan Kota Bunda Hayati, Tanjung Selor.

Pembahasan masterplan yang dipimpin oleh pihak konsultan asal Semarang, PT. Wismakharman menjabarkan tentang pentingnya ruang terbuka hijau (RTH) yang tidak hanya memiliki fungsi sebagai wilayah konservasi namun juga memiliki fungsi edukasi dan rekreasi.

“RTH Bunda Hayati proses laporannya akan terbagi menjadi empat tahapan dalam enam bulan, yakni laporan pendahuluan yang akan disiapkan pada periode bulan mei hingga juli tahun 2016,” ujar Abdul Hasib, Kabid Tata Ruang DPUTR Kaltara.

Sementara itu, ketua tim pengembangan RTH Bunda Hayati Endah Megawati mengatakan bahwa beberapa tahapan memang perlu dipersiapkan secara matang. Agar delineasi, hutan kota Bunda Hayati juga dapat teridentifikasi dan secara spesifik terzonasi. Seperti inti kawasan pelestarian alam, kawasan yang dapat dijadikan penyangga hingga pendukung.

Hutan kota bunda hayati yang ide penyusunannya sudah ada sejak tahun 2008 lalu oleh pemerintah kabupaten Bulungan sedikit banyak tidak akan mengalami banyak perombakan. Hanya akan dilakukan clearance berupa pemotongan semak dan pohon kecil dan pengaturan lahan parkir dan penyediaan fasilitas pendukung seperti penerangan dan lain sebagainya.

“Akan dilakukan sedikit pemotongan semak dan lahan parkir penyediaan fasilitas pendukung seperti penerangan,” ujarnya.