Wagub : Generasi Muda Wajib Jaga Budaya Bangsa

Wagub : Generasi Muda Wajib Jaga Budaya Bangsa
FOTO BERSAMA : Wagub Kaltara, Wagub Gorontalo Dr. Drs. H. Idris Rahim,MM dan Ketua dewan Adat Gorontalo Karim Pateda saat menghadiri acara upacara adat Gorontalo, Sabtu (1/10) (dok humas)

     Gorontalo (Antara News Kaltara) - Wakil Gubernur Kaltara H Udin Hianggio menghadiri upacara kebesaran adat dalam rangka penganugerahan gelar adat kepada Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Ibu Prof Dr Ir Hj Winarni Dien Monoarfa, MS yang dianugerahi gelar “Pulanga” Sabtu (1/10) di rumah dinas Sekprov Gorontalo.

     Selain mempererat hubungan silaturrahim dengan keluarga besar Gorontalo, kehadiran wagub dalam upacara adat itu pula bertujuan untuk memotivasi dan memberikan semangat kepada generasi muda dalam menjaga budaya lokal.

      Sebagai Putra Gorontalo H.Udin Hianggio sendiri memiliih gelar adat ‘Ta uwa to ti hedu lo hunggia’ yang dulu pernah  diberikan di Tarakan oleh tokoh adat Gorontalo .

      Gelar adat ini diberikan kepada para individu yang dianggap layak dan penting untuk menerima gelar adat karena memiliki jasa dan konstribusi positif bagi pembangunan.

     “Di Kalimantan Utara upaya untuk melestarikan adat juga harus diperhatikan oleh seluruh generasi muda. Kita boleh saja  mengikuti era modern namun yang terpenting tetap selalu menjaga budaya dan tradisi yang ada,” ujarnya.

      Gelar yang diterima, lanjut Wagub bukanlah sebuah hal yang mudah, seperti nasehat dan peringatan yang disampaikan oleh para tetua adat bagi penerima gelar. Bahwa gelar bukan sekedar penghargaan dan penghormatan tapi yang terpenting ialah setelah mendapat gelar kita bisa  menjadi contoh dan tauladan yang baik dimasyarakat.

    “Ketokohan kita dapat menjadi contoh teladan yang memberian inspirasi bagi generasi penerus , dimanapun kita berada adat istiadat jangan sampai dilupakan,disinilah bentuk keteladanan kita,” ujarnya.

Editor:Firsta Susan Ferdiany

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Back to top
Twitter
Facebook
Google Plus
RSS