Gubernur Sambut Positif Program Kadin

id ,

Gubernur Sambut Positif Program Kadin

ABADIKAN MOMEN: Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie berfoto bersama pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia wilayah tengah dan Kadin Malaysia. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie memberikan dukungan penuh atas rencana kerjasama positif dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Irianto mengatakan salah satu program yang ditawarkan terkait penyediaan tempat pemagangan bagi tenaga kerja khususnya di bidang pertanian dan perikanan. Diketahui bahwa, Kadin Indonesia telah memiliki kerjasama dengan Kadin Jepang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dimana tenaga kerja asal Kaltara dapat belajar langsung ke Jepang atau dengan mendatangkan tenaga pengajar ke Kaltara untuk memberikan pelatihan.

Menurut Gubernur, hal tersebut penting untuk dilakukan dalam rangka pengembangan dan upaya percepatan serta peningkatan kualitas SDM tenaga kerja lokal Kaltara khususnya nelayan dan petani. SDM perikanan harus menyentuh kepada seluruh aspek. Artinya tidak terbatas pada kemampuan dan aktivitas perikanan tangkap tradisional tetapi juga kemampuan budidaya dan teknis-teknis pengelolaan lainnya.

“Saya menginginkan nelayan dan petani di Kaltara tidak hanya pandai menangkap ikan dan menanam saja, tapi juga memiliki keahlian. Saya juga mengharapkan agar kemampuan bubidaya nelayan kita semakin berkembang nantinya. Dengan demikian ada nilai tambah untuk peningkatan kesejahteraan para petani dan nelayan di Kaltara,” katanya.

Gubernur mempercayai hal itu kepada Kadin Indonesia, karena telah memiliki jaringan yang baik di seluruh Indonesia maupun di luar negeri. Sebagai mitra pemerintah Kadin merupakan satu-satunya wadah dunia usaha yang mempunyai posisi paling strategis dalam pelaksanaan kebijakan.

“Karena, itu, bersama dengan Pemprov Kaltara, Kadin akan membantu percepatan pembangunan Provinsi Kaltara, khususnya di wilayah perbatasan. Kita akan terus dukung dan menyambut baik hal ini,” ujarnya.