Irianto: 2017 Fokus Pembenahan Infrastruktur

id ,

Irianto: 2017 Fokus Pembenahan Infrastruktur

Fokus pembenahan infrastruktur (Datiz)

Oleh M Rusman

Nunukan (Antara News Kaltara) - Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie menegaskan, APBD 2017 menfokuskan kegiatan untuk pembenahan dan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Untuk APBD 2017 Kaltara juga memfokuskan dibelanjakan untuk membangun sejumlah ruas jalan dan jembatan. Totalnya mencapai 60 persen dari total dana APBD," ujar dia melalui keterangan tertulis kepada Antara di Nunukan, Kamis.

Sekaitan dengan hal ini, Irianto Lambrie menyatakan, pemerintah saat ini tidak tinggal diam untuk membangun infrastruktur meskipun dilakukan bertahap akibat kondisi keuangan negara dan daerah yang sangat terbatas.

Untuk menyukseskan program pemerintah di wilayah perbatasan tersebut, dia mengharapkan, peran serta masyarakat untuk memberikan dukungan kepada pemerintah dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur dalam wilayah perkotaan maupun pedalaman di perbatasan RI-Malaysia.

Adapun target pembangunan infrastruktur jalan menggunakan APBD 2017 adalah preservasi dan pelebaran jalan dalam kota Tanjung Selor Kabupaten Bulungan dan pemeliharaan rutin Jalan Yos Sudarso dan Jalan Mulawarman Kota Tarakan.

Rehabilitasi mayor dan rekonstruksi serta longsoran dan penanganannya di Sekatak Buji di Kabupaten Malinau, rehabilitasi jalan dari Malinau menuju Mansalong dan Mansalong menuju SP3 Desa Apas Kabupaten Nunukan.

Kemudian untuk rehabilitasi jalan pos perbatasan negara di Sei Ular Kecamatan Seimenggaris dan jalan lingkar Pulau Sebatik di Kabupaten Nunukan.

Rehabilitasi minor dan rekonstruksi jalan dari Kabupaten Malinau menuju Long Bawan Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan, rekontruksi jalan dari Mansalong menuju Tau Lumbis Kecamatan Lumbis Ogong dan pergantian jembatan jalan lingkar Sei Lalosalo dan Plat 3 di Pulau Sebatik.