Sebatik Segera Miiliki Pos Pengawas Perikanan Terapung

id ,

Sebatik Segera Miiliki  Pos Pengawas Perikanan Terapung

Salah satu pos di perbatasan (Datiz)

Oleh M Rusman

Nunukan (Antara News Kaltara) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara memprogramkan keberadaan pos pengawas perikanan terapung di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan menggunakan dana APBD 2017.

Hal ini diksmapaikan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie melalui siaran pers Humas Pemprov Kaltara kepada Antara di Nunukan, Senin seiring dengan program peningkatan kesejahteraanb nelatan di pulau yang berbatasan langsung dengan Negeri Sabah, Malaysia.
Pembangunan pos pengawas perikanan terapung ini menjadi skala prioritas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltara terkait dengan program pengembangan sarana pengelolaan dan pengawasan sumber daya perikanan dan kelautan.

Pos terapung ini nantinya berfungsi sebagai kantor kesyahbandaran perikanan, pengawasan perikanan dan penerbitan izin-izin bagi nelayan skala kecil nantinya menjadi unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Pelabuhan Perikanan bersama Pos Pengawas Perikanan.

"Pempro Kaltara akan membangun pos pengawas perikanan terapung di perairan Pulau Sebatik (Nunukan) menggunakan dana APBD 2017," sebut dia.

Hanya saja, dia tidak menyebutkan, jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan pos tersebut dimana pos yang dimaksudkan sangat dibutuhkan oleh nelayan setempat karena selama ini seringkali terjadi tindakan perampokan bersenjata.

Oleh karena itu, dia mengharapkan, keberadaan pos pengawas terapung nantinya dapat mencegah terjadinya tindak kriminal terhadap nelayan di wilayah perbatasan sekaligus dapat meningkatkan produksi ikan yang tentunya meningkatkan penghasilannya.