SOA Dalam Proses lelang

id ,

Jakarta (Antara News Kaltara) - Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie mengatakan terkait subsidi ongkos angkut (SOA) ke daerah perbatasan. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi menyebutkan bantuan dari pemerintah pusat sejumlah Rp 29 miliar saat ini sedang dalam proses lelang. Sedangkan dari Pemerintah provinsi sebanyak 8,5 miliar sudah dipersiapkan segala kelengkapan berkasnya, hanya tinggal menunggu pejabat administrasi terkait.

“Berdasarkan penjelasan Dirjen Perhubungan Udara beberapa waktu lalu, dari hasil koordinasi dengan pihak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), pelelangan subsidi ongkos angkut untuk masyarakat perbatasan di Kaltara sudah dilaksanakan pelelangannya,” beber Gubernur.

Gubernur mengusulkan agar anggaran SOA dari APBN dilaksanakan dengan sistem kontrak tahun jamak atau multiyears contract.

“Namun menurut Menhub belum dapat disetujui oleh Kemenkeu (Kementerian Keuangan),” imbuhnya.

Sementara jika dapat dilaksanakan dengan sistem kontrak tahun jamak, lanjut Gubernur, maka masalah yang dihadapi oleh masyarakat di perbatasan tidak berulang pada setiap awal tahun anggaran, dimana masyarakat kesulitan mendapatkan pelayanan penerbangan bersubsidi, karena harus menunggu proses lelang.

“Karena kan penerbangan nonsubsidi belum tersedia. Penyedia jasa perusahaan penerbangan menganggap belum layak dan tidak menguntungkan secara ekonomi,” terang Gubernur.