Wagub Ajak Masyarakat Cintai Produk Pengrajin Kaltara

id ,

Wagub Ajak Masyarakat Cintai Produk Pengrajin Kaltara

HUT DEKRANAS: Wagub Kaltara H Udin Hianggio saat menghadiri acara HUT ke 37 Dekranas di Pasar Induk Tanjung Selor, Jumat (3/3) lalu. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) H Udin Hianggio berharap, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) membantu para pengerajin dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produknya, melalui pemberian pelatihan-pelatihan.

Demikin disampaikan dalam sambutannya pada acara peringatan HUT Dekranas yang ke-37 di Aula Ruko Pasar Induk Tanjung Selor, Jumat (3/3). Wagub menyebutkan, selama ini banyak pengerajin di Kaltara masih yang menggunakan cara-cara konvensional dalam menciptakan hasil karyanya. “Kita harus berinovasi dan lebih kreatif, agar produk-produk yang dihasilkan bisa bersaing di pasaran,” ungkapnya.

Udin mengatakan, pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) para pengerajin harus terus dilakukan. Hal ini dalam rangka menciptakan mutu atau kualitas dari produk agar lebih baik. “Dekranasda harus bisa mewadahi para pengerajin, mulai dari tahap pembinaan sampai ke pemasaran produknya,” lanjut Udin.

Diungkapkan, masyarakat Kaltara harus merasa bangga dan cinta dengan hasil produksi para pengrajin lokal. Hal ini dibuktikan dengan membeli barang yang diproduksi oleh para pengerajin asal Kaltara. Dengan demikian juga, lanjutnya, akan menambah minat dan kepercayaan konsumen dari daerah lain akan produk-produk yang dihasilkan para pengrajin di Kaltara.

“Target pemasaran kita harus lebih luas. Bukan hanya di daerah sendiri, namun harus merambah ke daerah-daerah lain. Jika perlu sampai keluar negeri,” imbuhnya. Dalam kesempatan itu, Udin juga menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk dapat membantu pengerajin. Baik dalam hal permodalan maupun mengoptimalkan hasil produksi mereka.