Kaltara Mulai Persiapan Jelang Penas KTNA

id ,

Kaltara Mulai Persiapan Jelang Penas KTNA

PERSIAPAN: Pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) KTNA tingkat provinsi Kaltara akhir 2016 lalu. Pemenang Peda akan mewakili Kaltara di Penas XV Mei mendatang. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Perwakilan kelompok tani dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mulai melakukan persiapan menjelang pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke-XV yang akan digelar pada Mei mendatang di Aceh. Keikutsertaan Kaltara pada Penas kali ini adalah untuk yang pertama kalinya.

Beragam persiapan pun sedang dipersiapkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Kaltara dengan menggelar pertemuan dengan sejumlah kelompok tani, nelayan dan peternak pada Rabu (8/3). Plt Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara, Heri Rudiyono mengatakan, Penas ke-XV yang digelar di Aceh itu akan diikuti sebanyak 100 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Sedangkan peserta utama dari Kaltara, disebutkannya berasal dari seleksi saat Pekan Daerah (Peda) yang digelar tahun 2016 lalu.

“Ada sebanyak 141 orang akan diberangkatkan. Sedangkan peserta utamanya yang sudah diseleksi pada saat Peda tahun lalu. Mereka ini terdiri dari petani-petani yang kita anggap maju dan juga ada yang merupakan pengurus KTNA. Kemudian untuk peninjau, saat ini kita masih menunggu arahan dari Gubernur Kaltara untuk orang-orang yang akan ditunjuk,” sebut Heri.

Dalam Penas tersebut, Heri menjelaskan, para peserta tidak hanya mengikuti agenda inti. Akan tetapi juga mengikuti kegiatan tambahan seperti perlombaan uji ketangkasan dan asah terampil. “Selain mengikuti beberapa agenda inti seperti rembug, lokakarya, studi banding, temu karya, outbond, pameran dan festival kesenian, para peserta juga akan mengikuti perlombaan,” jelasnya.

Mengingat, keikutsertaan Kaltara untuk pertama kalinya, Heri berharap, agar persiapan dilakukan dengan matang, sehingga rombongan Kaltara dapat mencapai hasil yang maksimal dalam setiap perlombaan yang dilaksanakan.