Wagub: Kelola Air Tanggung Jawab Bersama

id ,

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, H Udin Hianggio menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengelola potensi alam, khususnya air sebaik mungkin. Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Air Dunia (HAD) yang diwarnai dengan kegiatan kerja bakti bersama seluruh instansi Pemprov Kaltara di Lapangan Agatish, Rabu (22/3).

H Udin menuturkan, air selama ini telah menjadi kebutuhan hidup orang banyak. Tanpa terkecuali Kaltara, air telah menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ini terbukti, air menjadi salah satu sarana pendukung transportasi di provinsi termuda ini.

“Air di Kaltara, sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Selain itu pula menjadi salah satu pendukung akses masyarakat dari suatu daerah ke daerah lainnya di Kaltara,” jelas H Udin.

Tidak hanya air bersih, H Udin juga mengimbau kepada masyarakat agar dengan baik mengelola sanitasi yang ada. Sebab, buruknya sanitasi akan memberikan dampak negatif kepada masyarakat. Karena itu, melalui HAD 2017 dapat menjadi momentum perenungan masyarakat betapa pentingnya pengelolaan air dengan baik.

Bersamaan dengan peringatan HAD 2017, H Udin mengajak gerakan mengolah ulang air limbah agar bisa kembali digunakan, baik untuk mencuci, irigasi, atau proses produksi. Karena, berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari 80 persen air limbah yang ada di bumi mengalir kembali ke tanah tanpa pengolahan yang jelas.

“Penggunaan air yang lebih efisien dan mengurangi unsur polutan masuk ke dalam air juga menjadi fokus peringatan HAD. Adanya permasalahan air yang sedang dialami dunia ini telah mendorong dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian perlunya upaya bersama dari seluruh komponen bangsa dan bahkan dunia untuk bersama-sama memanfaatkan dan melestarikan sumberdaya air (SDA) secara berkelanjutan,” jelasnya.