Pemda Diimbau Intens Bina Perusahaan dan Masyarakat

id ,

Pemda Diimbau Intens Bina Perusahaan dan Masyarakat

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Syaiful Herman membuka Rapat Koordinasi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Rakor PPLH) di Auditorium Universitas Kaltara (Unikal), kemarin (29/3).

Pada kegiatan itu, gubernur mengimbau kepada pemerintah kabupaten dan kota se Kaltara, untuk dapat melakukan penyesuaian indeks kualitas lingkungan hidup di daerah masing-masing. Utamanya, kualitas lingkungan udara dan air. “Saya kira ini sangat penting, sebab sungai di Kaltara ini masih belum tercemar. Dari itu, perlu segera dilakukan penyesuaian indeks kualitas lingkungan, agar kita dapat menikmati segarnya air sungai serta udara,” kata gubernur.

Pemerintah kabupaten dan kota se Kaltara juga diminta untuk mengantisipasi pencemaran lingkungan sungai dan udara. Ini berkaitan erat dengan keberadaan perusahaan di wilayah Kaltara. Disini, pemerintah daerah (Pemda) disarankan untuk intensif melakukan pembinaan kepada perusahaan agar dapat beroperasi dengan lebih ramah lingkungan.

Tak hanya perusahaan, masyarakat pun, kata gubernur harus diberikan pembinaan agar aktif menjaga lingkungan sekitar mereka dari pencemaran. “Masyarakat masih sering membuang sampah sembarangan ke sungai dan saluran drainase. Tindakan ini, secara langsung berdampak pada terjadinya banjir dan genangan yang tentunya merugikan banyak pihak,” jelas gubernur.



Terakhir, gubernur mengarahkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk saling berkoordinasi, utamanya terkait dengan setiap program yang bersentuhan dengan lingkungan hidup. “Harus ada pembagian tugas yang jelas antara OPD yang ada, sehingga pekerjaan tak tumpang tindih dan lebih efektif dan efisien,” tuntas gubernur.