PKK Kaltara Bantu Bibit Cabai dan Indukan Ayam

id ,

PKK Kaltara Bantu Bibit Cabai dan Indukan Ayam

SIMBOLIS: Ketua TP PKK Provinsi Hj Rita Irianto Lambrie, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bulungan dan beberapa pengurus secara simbolis menyerahkan bibit cabai dan indukan ayam kepada warga di Desa Bumi Rahayu dan Desa Gunung Sari. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terus mendorong suksesnya program nasional gerakan menanam cabai di perkarangan rumah. Hal itu disampaikan ketua TP PKK Provinsi Kaltara, Hj Rita Ratina Irianto dalam acara penyerahan bibit cabai dan induk ayam di Desa Bumi Rahayu dan Desa Gunung Sari, Kecamatan Tanjung Selor, Bulungan, Jumat (14/4) lalu.

Hj Rita mengatakan, PKK menjadi ujung tombak dalam menyukseskan program gerakan menanam cabai di perkarangan rumah ini. Sebagaimana diketahui, TP PKK merupakan organisasi mitra pemerintah yang programnya bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan memiliki anggota sampai ke tingkat dusun. “Program ini (gerakan menanam cabai di pekarangan, Red.) didasari karena melihat harga cabai melonjak. Padahal kebutuhan akan cabai pada masyarakat cukup tinggi,” kata Hj Rita.

Disampaikannya, selain program tersebut memang dibutuhkan masyarakat, untuk mendorong semangat warga dalam gerakan ini, pemerintah pusat juga melombakan program penanaman cabai. “Mudah-mudahan kita juara, sehingga daerah kita menjadi daerah percontohan untuk penanaman cabai,” ujar Hj Rita.

Selain memberikan bibit cabai, TP PKK Provinsi Kaltara juga memberikan bantuan indukan ayam kampung. Menurut Hj Rita, bantuan ini didasari atas kepedulian anggota TP PKK Provinsi Kaltara mengenai pemenuhan gizi keluarga dan peningkatan ekonomi keluarga. Sehingga diharapkan nantinya akan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kaltara.

“Kami, anggota TP PKK Kaltara secara swadaya mengumpulkan dana untuk membeli indukan ayam, lalu disumbangkan ke masyarakat untuk dibudidayakan. Saya berharap TP PKK kabupaten dan kota juga dapat mengikutinya,” harap Hj Rita.

Untuk diketahui, ayam hasil budidaya ayam akan disumbangkan lagi ke masyarakat yang belum mendapatkan. Sehingga nantinya semua masyarakat akan mendapatkan bibit ayam secaara merata.

Penyerahan bantuan bibit cabai dan indukan ayam yang dilangsungkan di dua desa di Bulungan Jumat (14/04) lalu berlangsung dengan penuh keakraban. Sambutan antusias ditunjukkan oleh masyarakat, terutama kaum ibu. Selain para pengurus TP PKK Kaltara, turut mendampingi juga ketua TP PKK Kabupaten Bulungan, Hj Titin Hariani.