Nunukan Antisipasi TKI Ilegal

id ,

Nunukan Antisipasi TKI Ilegal

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Nunukan, Jumiyo (M Rusman)

Oleh M Rusman

Nunukan (Antara News Kaltara) - Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan, Kalimantan Utara berkoordinasi dengan instansi terkait mengantisipasi pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal ke Malaysia.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Nunukan, Jumiyo di Nunukan, Senin, mengungkapkan langkah yang dilakukannya itu sebagai upaya memberikan perlindungan kepada WNI yang bekerja di negara itu agar bekerja secara legal yang mendapatkan jaminan oleh majikan.

Pentingnya berkoordinasi dengan instansi terkait dengan instansi terkait di Kabupaten Nunukan, karena tidak mungkin hanya dilakukan sendiri oleh Kantor Imigrasi setempat mengingat kondisi geografis yang memiliki banyak jalur penyeberangan ilegal.

Untuk mewujudkan langkah-langkah pemberantasan TKI ilegal yang bekerja di Negeri Sabah, kata dia, memang dibutuhkan komitmen seluruh instansi terkait.

"Tidak mungkin pemberantasan TKI ilegal yang berangkat ke Negeri Sabah dilakukan sendiri Kantor Imigrasi (Nunukan) makanya perlu kerja sama dengan instansi terkait lainnya," tegas Jumiyo.
Ia mengaku, mengetahui jalur pemberangkatan TKI ilegal tujuan Negeri Sabah baik di Pulau Nunukan maupun Pulau Sebatik yang digunakan oknum-oknum atau calo selama ini. ***2***
Riza Fahriza