Khitanan Puluhan Anak TKI Sabah

id ,

Khitanan Puluhan Anak TKI Sabah

Khitanan puluhan anak TKI di Sabah (dok Antara News Kaltara)


Oleh M Rusman
Nunukan (Antara News Kaltatra) - Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah, Malaysia, melakukan khiatanan massal bagi puluhan anak warga negara Indonesia (WNI) atau buruh migran Indonesia (BMI).

Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Ahmad Daya Handasah Irfan di Kota Kinabalu melalui pesan singkatnya kepada Antara di Nunukan, Senin menyatakan, khiatanan massal yang diselenggarakan 22 April 2017 sebagai bagian dari kepedulian pemerintah Indonesia terhadap anak-anak WNI/BMI.

Kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dnegan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dan Dharma Wanita Persatuan KJRI Kota Kinabalu menghadirkan 44 anak WNI/BMI untuk khitanan.

"KJRI Kota Kinabalu menyelenggarakan khiatanan massal bagi anak-anak WNI/BMI bekerja sama dnegan SIKK dan dharma wanita dengan menghadirkan 44 anak-anak," ujar Ahmad DH Irfan.
Menurut dia, para WNI/BMI antusias mengantarkan anak-anaknya karena untuk ikut khitan di negara itu biayanya sangat mahal ditambah kesulitan dokumen keimigrasian.

Sementara khitanan yang diselenggarakan KJRI KOta Kinabalu tidak dibebankan biaya bahkan diberikan santunan berupa uang tunai. "Saya sangat mengapresiasi khitanan massal bagi anak-anak WNI/BMI ini sebagai agenda rutin setiap tahun," ujar Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu.

Ia juga menekankan, khitanan massal adalah kegiatan sosial KJRI Kota Kinabalu kepada WNI/BMI yang berada di wilayah kerjanya. Kegiatan yang sama diupayakan lebih besar lagi pada tahun berikutnya dengan menjangkau anak-anak yang bersekolah di CLC (Community Learning Center).