KJRI Promosikan Budaya Indonesia

id ,

KJRI Promosikan Budaya Indonesia

KJRI berpartisipasi jual budaya Indonesia (dok KJRI)

Oleh M Rusman

Nunukan (Antara News Kaltara) - Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah, Malaysia mempromosikan seni budaya Indonesia pada "The 7th International Gata Festival 2017" yang dilaksanakan di Sipitang pada 28 April 2017 hingga 30 April 2017.

Festival yang bertemakan "Melestarikan Budaya" tersebut diselenggarakan rutin setiap dua tahun untuk mempromosikan budaya Melayu Internasional dalam bentuk pameran budaya, fashion show, pagelaran musik dan tari tradisional, karnaval kue tradisional dan permainan tradisional lainnya, kata Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Ahmad DH Irfan melalui pesan singkatnya kepada Antara di Nunukan, Selasa.

Ia menambahkan, festival kali ini diikuti tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. KJRI Kota Kinabalu membuka stan khusus mempromosikan destinasi wisata dan produk kerajinan tangan khas dari berbagai daerah di Indonesia.
Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu menyatakan, stan pameran milik Indonesia dikunjungi sejumlah pejabat tinggi Malaysia dan Negeri Sabah menjadi kebanggaan tersendiri yang patut diapresiasi.

Festival Gata ke-7 ini diikuti 70 peserta dari tiga negara rumpun Melayu masing-masing menampilkan tarian dan musik tradisional asal negaranya serta berbagai jenis produk lokal.

Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi dan Ketua Menteri Sabah, Datuk Sri Paduka MUsa Haji Aman berkesempatan mengunjungi stan pameran Indonesia sekaligus diberikan cendramata oleh KJRI Kota Kinabalu.