Banjir Kaltara Meluas

Banjir Kaltara Meluas
Banjir meluas (Datiz)
Oleh Iskandar Z Datu

    Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Luapan Sungai Bahau dan Sungai Kayan menyebabkan sebagian wilayah di Tanjung Palas dan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara terendam air mencapai 50 Cm.
     Dilaporkan di Tanjung Selor, Senin lokasi terparah dengan ketinggian air mencapai 50 Cm terjadi di daerah Pabrik dan Lebong, Kecamatan Tanjung Palas Hilir, Bulungan.
     Sedangkan daerah cukup dalam terendam air di Kota Tanjung Selor, Bulungan --Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara-- sekitar jalan dengan nama buah-buahan yang padat pemukiman itu.
     Sejumlah warga terpaksa menyeret sepeda motornya saat melewati kawasan itu karena mogok, bahkan hanya mobil jenis lapangan yang bisa melintasi kawasan tersebut.
     Sejumlah anak SMP yang hari ini melaksanakan ujian sekolah (US) harus tetap turun sekolah berjuang melawan air dengan menggunakan perahu agar pakaian sekolahnya tidak basah.
     "Hari ini kami melaksanakan US untuk kenaikan kelas, jadi mau tidak mau harus tetap turun meskipun banjir," kata Amir, pelajar SMP 1 Tanjung Palas.
     Banjir yang terjadi di Bulungan akibat hujan terus menerus selama beberapa hari ini di pedalaman sehingga menyebabkan dua sungai terbesar di Kaltara, yakni Sungai Bahau dan Sungai Kayan meluap.
     Sementara itu, banjir cukup dalam terjadi di pedalaman Sungai Kayan, antara lain Long Peso, Bia, dan Antutan karena ketinggian air antara 30 Cm sampai satu meter sehingga sejumlah sekolah, SD, SMP dan SMA serta sekolah sederajat terpaksa diliburkan.
     Kondisi itu dipastikan sekolah yang sedang melaksanakan US akan melaksanakan ujian susulan.
     Warga di Kaltara kini cemas melihat kondisi banjir yang terus meluas, jika di kawasan pedalaman terus terjadi hujan serta air laut pasang maka air bisa lebih tinggi lagi.

***4***  

Editor:iskandar zulkarnaen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Back to top
Twitter
Facebook
Google Plus
RSS