Pemprov Kembangkan Posyandu Terintegrasi

id ,

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Dalam rangka mengoptimalkan peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), sebagai garda terdepan dalam proses pelayanan kesehatan di masyarakat, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan mengembangkan Posyandu Holistik Terintegrasi.

Kepala DPMD Kaltara Wahyuni Nuzban yang ditemui di sela-sela rapat dengan pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kaltara mengungkapkan, selama ini Posyandu hanya melayani ibu dan anak dalam urusan kesehatan. Ke depannya, Posyandu akan diintegrasikan dengan kegiatan pendidikan, dan ekonomi. “Kita akancoba dengan menambahkan berbagai kegiatan. misalnya dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan sektor ekonomi, maupun dengan pembuatan koperasi,” kata Yuni.

Yuni menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara bersama dengan tim dari Kementrian Desa telah membentuk Kelompok Kerja Oprasional (Pokjanal) yang anggotanya terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki keterkaitan program dengan Posyandu. “Jadi nantinya Posyandu hanya berupa wadah yang akan diisi dengan berbagai program dari OPD yang disesuaikan dengankebutuhan masyarakat,” ungkapnya. Termasuk nanti bekerjasama dengan TP PKK.

Ditambahkan, dalam pelaksanaannya tidak dipungkiri terdapat berbagai kendala dan hambatan. Namun ia optimis semua dapat berjalan dengan baik. “Komitmen kita harus kuat dan harus fokus untuk mengoptimalkan program ini,” tutupnya.