Lewat Peskil, Sekprov Ajak Napi Introspeksi Diri

id ,

Lewat Peskil, Sekprov Ajak Napi Introspeksi Diri

PENCERAHAN : Sekprov Kaltara H Badrun kala memberikan sambutan pada penutupan Peskil Ramadan terhadap warga binaan Lapas Tarakan garapan PC Muslimat NU Kota Tarakan, Jumat (16/6). (dok humas)

Tarakan (Antara News Kaltara) – Pada Jumat (16/6) lalu, Pesantren Kilat (Peskil) Ramadan gelaran Pimpinan Cabang Muslimat Nadhalatul Ulama (PC Muslimat NU) Kota Tarakan yang bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Tarakan resmi ditutup oleh Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) H Badrun mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

Sekitar 1.000 warga binaan atau narapidana (Napi) Lapas Tarakan mengikuti kegiatan tersebut. Penutupan diwarnai dengan pertunjukan kesenian Rebana dari Muslimat NU dan diakhiri dengan buka puasa bersama. Pada perhelatan Peskil kali ini, tema yang diangkat, yakni “Kokohkan hati dengan iman, taklukkan dunia dengan Qur’an”.

Dalam sambutannya, Sekprov yang didampingi istri, Hj Sri Senanti Badrun menyebutkan, Peskil merupakan kegiatan positif yang mendapat dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dalam pelaksanaannya. Diharapkan pula, setelah mengikuti Peskil, warga binaan akan semakin baik akhlak dan moralnya setelah keluar dan berkumpul dengan masyarakat. “Tentu saja acara ini sebagai sarana silaturahmi sekaligus menjadi pencerahan penyegaran terhadap nilai agama Islam, terutama rohani para warga binaan yang mengikutinya, dan sebagai amal ibadah kita. Jadi, mudah-mudahan bisa dilanjutkan tiap tahun,” kata H Badrun.

Sekprov pun mengimbau kepada seluruh warga binaan agar dapat memanfaaatkan momen Ramadan dengan bijak, yakni mengisinya dengan mempelajari ilmu agama. “Bulan Ramadan ini adalah kesempatan yang baik bagi kita semua untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Ini juga waktu yang tepat untuk mengintrospeksi diri, bagus untuk saling bertukar pikiran yang positif, sehingga dapat saling menguatkan satu dengan yang lain,” urai H Badrun seraya memotivasi warga binaan untuk berdisiplin serta menaati aturan lapas dengan baik.

Tampak hadir dalam acara itu, Ketua Umum (Ketum) PC Muslimat NU Kota Tarakan yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara Hj Siti Laila, sejumlah kepala biro di lingkup Pemprov Kaltara, kepala Lapas Tarakan Fernando Kloer, anggota majelis taklim beserta perwakilan ranting Muslimat NU se-Kota Tarakan serta panitia penyelenggara.