40 Calon Praja Ikuti Tes Psikologi

id ,

40 Calon Praja Ikuti Tes Psikologi

TES PSIKOLOGI : Sebanyak 40 calon praja IPDN asal Kaltara mengikuti tes psikologi di ruang pertemuan DPUPR-Perkim Kaltara, Selasa (25/7). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Seleksi penerimaan calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Kalimantan Utara (Kaltara), kemarin (25/7) memasuki tahap tes psikologi. Tes yang diadakan di ruang pertemuan Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kaltara ini diikuti 40 calon praja.




Dari jumlah ini, terdapat 23 calon praja laki-laki dan 17 perempuan. Dengan rincian masing-masing kabupaten dan kota, yakni Tarakan sebanyak 14 orang, Bulungan (12 orang), Nunukan (7 orang), Malinau (3 orang) dan Tana Tidung (4 orang).




Dalam tes yang dimulai pukul 07.00 Wita ini, dibagi dalam beberapa sesi. Seperti sesi untuk mengukur intelejensi, serta sikap kerja dan kepribadian. Dan untuk tiap sesi memiliki alokasi waktu untuk mengerjakannya. Panitia seleksi dari pusat mengirim dua orang pengawas dari Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat (AD) dan satu orang dari IPDN.




Diterangkan Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara Waluyo Sejati, hasil tes bisa dicek pada awal Agustus nanti, sekaligus nama-nama calon praja yang dinyatakan lulus tahapan tersebut. "Untuk pengumuman hasil psikotest, bisa dilihat di situs spcp.ipdn.ac.id pada 4 Agustus mendatang. Dari 40 yang mengikuti tes ini, akan diperoleh 22 calon praja," jelasnya saat ditemui di sela pelaksanaan tes, Selasa (25/7).


Tahap selanjutnya usai tes psikologi adalah wawancara penentuan akhir atau lazim disebut Pantukhir. Wawancara ini dilaksanakan di kampus IPDN yang berada di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.