Ingatkan Kerja Tim dan Pahami Aturan

Ingatkan Kerja Tim dan Pahami Aturan
DILANTIK : 13 Pejabat Tinggi Pratama dan 1 pejabat administrator yang dilantik oleh Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie di Gedung Serbaguna, Selasa (1/8). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie kembali mengingatkan agak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Kaltara, terutama para pejabat tinggi pratamanya untuk bekerja tim dan memahami aturan dalam melaksanakan tugasnya.

Penegasan itu disampaikan Gubernur saat melantik 13 Pejabat Tinggi Pratama dan satu pejabat administrator di Gedung Serbaguna, Selasa (1/8). Selain melantik, Irianto juga pembacaan fakta integritas yang dibacakan oleh pejabat yang dilantik.

Gubernur mengungkapkan, akan memberikan evaluasi terhadap pejabat terkait, jika dalam melaksanakan jabatan yang bersangkutan tidak mampu menjalankannya. "Saya harap semoga yang dilantik dapat menjaga amanah, dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Irianto.

Para pejabat tinggi pratama ini adalah sebagai pemimpin. Mengutip ungkapan salah satu pahlawan nasional,KH Agus Salim, menurut Irianto, menjadi seorang pemimpin harus siap menderita. Harus tegar menghadapi tantangan. "Jangan takut dihujat, dijelekkan dan lain-lain, yang penting tetap berbuat baik, tetap bekerja dengan kesungguhan hati. Pemimpin juga harus bersikap bijak," tandasnya.

Selain itu, seorang pemimpin juga harus bijaksana dan mampu bertanggung jawab.  "Karena itu, melalui kontrak kinerja yang ditandatangani, dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dilakukan evaluasi kinerja selama enam bulan," lanjutnya.

Irianto menginstruksikan, agar seluruh pejabat yang dilantik dapat langsung menyesuaikan diri serta dan memberikan kontribusi nyata dalam membangun Kaltara. Selain itu, Irianto juga berpesan agar seluruh ASN mampu bergerak cepat dalam merespons pelayanan publik.

"Saya instruksikan agar pejabat yang dilantik ini, untuk mempelajari tupoksinya. Kemudian bekerja secara nyata dan bergerak cepat dan berorientasi pada hal yang positif dan produktif," tegas Irianto.

Dikatakan, dalam proses pengisian jabatan yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain melalui proses seleksi yang transparan, dalam pengisian jabatan, lanjutnya, juga melihat beberapa penilaian terhadap orang yang akan menduduki jabatan tersebut. Misalnya, kedisiplinan, serta kecerdasan dan kemampuan dalam bekerja.

"Karena orang yang memiliki kedisiplinan akan bekerja dengan berintegritas serta profesional," ujar Irianto. Selain itu, rekam jejak di tempat sebelumnya juga menjadi salah satu landasan penilaian yang dilakukan.

"Dalam kesempatan ini, saya ucapkan selamat kepada kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik. Selamat, karena saudara menjadi aparatur sipil negara yang terpilih, dari ribuan ASN yang ada. Terpilihnya saudara-saudara telah melalui proses seleksi yang transparan, dan terbuka," kata gubernur lagi.

Selain kepada pejabat yang dilantik, gubernur juga berpesan kepada para istri dari para pejabat tinggi pratama, terutama yang baru dilantik. Peran istri, menurutnya, sangat besar terhadap para suami. "Saya minta istri selalu memberikan dukungan, menjaga dan mengingatkan jika suaminya melakukan kekeliruan," ujarnya.

Untuk diketahui, dengan telah dilantiknya para pejabat tinggi pratama ini, tidak ada lagi kekosongan jabatan tinggi pratama di semua OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltara. 

PEJABAT TINGGI PRATAMA DAN ADMINISTRATOR YANG DILANTIK

1. Ahmad Sapriannoor, SE, ME. Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah. Jabatan lama, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah.

2. Drs. H. Busriansyah, MM. Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah. Jabatan lama, Sekretaris Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kalimantan Utara.

3. Ferdy Manurun Tanduklangi, SE, M.Si. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia Kalimantan Utara.

4. Drs. Hartono, M.Si. Kepala Disperindagkop UMKM. Jabatan lama, Sekretaris Disperindagkop Kalimantan Utara.

5. A.M. Santiaji Pananrangi, S.IP, M.Si. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Jabatan lama, Fungsional Umum Biro Pemerintahan Setprov Kalimantan Utara.

6. Ir. Syarifuddin, MMA. Kepala Dinas Kehutanan. Jabatan lama, Kepala Balai Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Wilayah VII Kementerian LHK RI.

7. Usman, S.KM, M.Kes. Kepala Dinas Kesehatan. Jabatan lama, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kalimantan Utara.

8. Samuel Parrangan, SE, M.Si. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Jabatan lama, Pelaksana pada Pemkab Nunukan.

9. Djoko Isworo, SH, MH. Kepala Biro Hukum Setprov. Jabatan lama, Kepala Bagian Produk Hukum Daerah Biro Hukum Setprov Kalimantan Utara.

10. Drs. H. Usdiansyah, M.Si. Kepala Biro Perekonomian Setprov. Jabatan lama, Kabag Industri dan Jasa Biro Perekonomian Setprov Kalimantan Utara.

11. Muhammad Mursid, SE. Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kalimantan Utara. Jabatan lama, Kabag Kehumasan pada Biro Humas Protokol Setprov Kalimantan Utara.

12. Drs. Purnomo, MM. Sekretaris DPRD. Jabatan lama, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah Kalimantan Utara.

13. Drs H Abdul Madjid S MSi, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Provinsi Kalimantan Utara, jabatan lama Sekretariat DPRD.

PEJABAT ADMINISTRATOR

1. Harry Purwoto SSos MSi, Sekretaris pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Perlindungan Penduduk dan KB Prov. Kaltara. Jabatan lama, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Provinsi Kalimantan Utara.

Editor:Firsta Susan Ferdiany

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Back to top
Twitter
Facebook
Google Plus
RSS