Disnakertrans Sosialisasikan SJSN Ketenagakerjaan-Kesehatan

id ,

 Disnakertrans Sosialisasikan SJSN Ketenagakerjaan-Kesehatan

JAMINAN SOSIAL : Sosialisasi SJSN Program Ketenagakerjaan dan Kesehatan gelaran Disnakertrans Provinsi Kaltara di DC Mega Hotel, Tanjung Selor, Kamis (10/8). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Pemerintah Indonesia menjadikan aspek keselamatan kerja sebagai salah satu prioritas. Untuk itu, fasilitas keselamatan kerja menjadi hal yang wajib dipenuhi oleh pemberi kerja. Harapannya, dengan ketersediaan fasilitas keselamatan kerja yang memadai, maka kecelakaan kerja akan semakin minim.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan dari digelarnya Sosialisasi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di DC Mega Hotel, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kamis (10/8). "Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan salah satu prasyarat yang ditetapkan dalam hubungan ekonomi perdagangan dan jasa antar negara yang harus dipenuhi seluruh negara anggota, termasuk Indonesia. Untuk itu, keselamatan kerja menjadi perhatian penting dari kalangan pemerintah dan bisnis karena sangat erat kaitannya dengan kinerja karyawan pada perusahaan," kata Kepala Disnakertrans Kaltara Armin Mustafa melalui Sekretaris Disnakertrans Kaltara Saini.

Penerapan SJSN di Kaltara, juga merupakan salah satu upaya menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan sehingga dapat mengurangi atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit. "Untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja, harus diawali dengan komitmen dan sikap mental semua elemen agar selalu peduli terhadap perbaikan secara berkesinambungan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kinerja," ujar Saini.

Sementara itu, Asnawi, ketua panitia penyelenggara menuturkan, SJSN program ketenagakerjaan dan kesehatan sangat berperan dalam upaya meningkatkan produktivitas perusahaan, terutama dapat mencegah korban manusia. "Sosialisasi SJSN ini sangat perlu dilaksanakan agar perusahaan dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan tenaga kerja yang produktif serta dapat terwujudnya perlindungan terhadap tenaga kerja dari resiko kecelekaaan kerja," jelas Asnawi.

Lewat SJSN, bakal terbangun kerjasama apik antara Disnakertrans dan perusahaan di wilayah Tanjung Selor. "Kami berharap tenaga kerja dan pelaku usaha mengetahui SJSN program ketenagakerjaan dan kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, khususnya dalam lingkup kesehatn dan keselamatan kerja," tutup Asnawi.