Mendagri Bakal Dianugerahi Gelar Adat

id ,

Mendagri Bakal Dianugerahi Gelar Adat

PERSIAPAN : Gubernur Kaltara Dr Ir H Irianto Lambrie memimpin rapat persiapan menyambut kedatangan Mendagri Tjahjo Kumolo di Hotel Tarakan Plaza, Kamis (10/8). (dok humas)

Tarakan (Antara News Kaltara) - Dipimpin langsung oleh Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, Kamis (10/08) kemarin, digelar rapat persiapan menyambut kedatangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ke Krayan, Kabupaten Nunukan pada 14 Agustus nanti.

Rapat yang dilangsungkan di Hotel Tarakan Plaza tersebut, diikuti oleh Sekprov, beberapa pimpinan OPD terkait dan Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid. Termasuk Camat Krayan yang memaparkan rencana kegiatan yang akan digelar di Krayan nanti.

Gubernur mengungkapkan, sesuai jadwal, Mendagri akan tiba di Tarakan pada 14 Agustus pagi sekitar pukul 08.30 Wita. Dari Jakarta Mendagri dan rombongan sebanyak 7 orang menggunakan pesawat Garuda.

"Setibanya di Tarakan, Mendagri akan memberikan pengarahan kepada para kepala daerah. Makanya saya harapkan nanti para kepala daerah bisa hadir ikut penjemputan," ujarnya.

Setelah istirahat sebentar, lanjut Irianto, Mendagri yang didampingi olehnya dan beberapa pejabat terkait, termasuk para bupati walikota akan melanjutkan penerbangan menuju ke Long Bawan, Krayan menggunakan pesawat carter.

"Selain bupati Nunukan, selaku tuan rumah dan Bupati Malinau (Dr Yansen TP) sebagai Ketua Lembaga Adat Dayak Lundayeh, saya juga mengajak para bupati dan walikota untuk ikut dalam rombongan mendampingi Mendagri ke Krayan nanti," ujar Irianto dalam rapat tersebut.

Di Krayan, kata Irianto mengutip paparan Camat Krayan Helmi Pudaaslikar, Mendagri akan mengikuti serangkaian kegiatan. Salah satunya upacara adat, yang sekaligus penganugerahan gelar adat oleh masyarakat adat Lundayeh Krayan kepada Mendagri.

Irianto menambahkan, selain upacara adat, Mendagri juga dijadwalkan untuk menyaksikan deklarasi Daerah Otonomi Baru (DOB) Krayan, sekaligus menerima secara simbolis dokumen calon DOB Krayan.

"Pak Mendagri juga akan membuka rangkaian peringatan HUT RI ke-72 di Perbatasan, Krayan, serta meninjau patok perbatasan antara RI-Malaysia di Krayan. Bahkan jika waktu memungkinkan, juga ada peninjauan lokasi lubang garam gunung yang ada di Krayan," imbuh Mendagri.

Ditambahkan, ada kemungkinan juga, jika waktu memungkinkan dan Mendagri tidak ada kesibukan lain, akan bermalam di Tarakan. Sekaligus akan bertemu semua kepala daerah di Kaltara. "Untuk kemungkinan itu (bermalam) masih belum dipastikan. Hanya saja untuk kedatangan Pak Menteri di Krayan, insyaallah kecuali ada perintah presiden yang penting, beliau siap untuk hadir di Kaltara," imbuhnya.

Segala persiapan pun telah dilakukan oleh masyarakat Krayan. Selain berbagai tarian adat dan kesenian lainnya, sekitar 4000 warga dari 4 kecamatan di wilayah Krayan siap hadir dan memeriahkan acara tersebut.