Pembenahan Transportasi Melalui Peningkatan SDM Pelaku Lalulintas

id ,

Pembenahan Transportasi Melalui Peningkatan SDM Pelaku Lalulintas

ABDI YASA TELADAN : Kadishub Kaltara Taupan Madjid berfoto bersama dengan peserta pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi Kaltara Tahun 2017, di Ruang Pertemuan Hotel Duta, Tarakan, Senin (28/8). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sejumlah sektor terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Salah satunya dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltara, dimana Senin (28/8) kemarin menggelar Pemilihan Abdi Yasa 2017, sekaligus Sosialisasi Perilaku Disiplin Lalu Lintas yang pesertanya terdiri dari para supir angkutan umum dari kabupaten dan kota se-Kaltara.

Kepala Dishub Kaltara Taupan Madjid mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kaltara, khususnya dalam sektor perhubungan atau transportasi.

Saat ini, diakuinya, tingkat kecelakaan begitu tinggi, sehingga dibutuhkan beragam sosialisasi guna meningkatkan profesionalisme supir angkutan umum dalam berkendara dan melayani penumpangnya. "Narasumber yang hadir juga dari Kementerian Perhubungan. Dengan demikian SDM di Kaltara dapat dibenahi guna mendukung sektor perhubungan di Kaltara," ujar Taupan saat dikonfirmasi.

Hal ini juga untuk memenuhi amanat Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, agar supir angkutan umum di Kaltara dapat berlaku profesional. Taupan mencontohkan, salah satu perusahaan angkutan kota (Angkot) di Jakarta yang begitu profesional dalam melayani penumpangnya. "Kita berharap agar di Kaltara bisa diterapkan seperti itu. Karena itu, salah satu pembenahan yang dilakukan selain angkutannya adalah, infrastruktur sumberdaya manusianya," ungkap dia.

Dalam kegiatan itu pula, rencananya dari total peserta yang hadir akan diambil 2 orang peserta terbaik untuk mewakili Kaltara pada Pemilihan Abdi Yasa tingkat Nasional di Jakarta. Hal ini untuk mendorong semangat para supir angkot di Kaltara untuk meningkatkan kapasitas diri. "Harapan kita, Kaltara dapat berperan serta di tingkat nasional," tuntas Taupan.