Tarakan (ANTARA) - Anggota DPR RI periode 2014-2019 Bambang Haryo Soekartono bersama Dharma Lautan Utama (DLU) Holding dan sejumlah mitra usaha turun langsung menyalurkan bantuan kepada para warga terdampak gempa Cianjur Jawa Barat di desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur kota dan Desa Gasol kecamatan Cugenang, Sabtu (26/11).

“Saya bersama-sama dengan PT Dharma Lautan Utama dan mitra usaha membantu meringankan beban para pengungsi dengan mengirimkan beberapa kebutuhan sembako, selimut, obat obatan, dan kebutuhan kebutuhan lainnya ke beberapa titik yang ada di wilayah terdampak gempa,” ujar Bambang Haryo dalam keterangan tertulis diterima di Tarakan, Selasa.

Pemilik sapaan akrab BHS ini, menuturkan semoga bantuannya lebih meringankan beban para pengungsi korban gempa. 

“Saya juga memberikan bantuan 6 televisi untuk menghibur mereka selama di pengungsian dan saya juga memberikan bantuan lima tandon dan enam toilet portable karena banyak rumah rumah warga yang hancur toiletnya akibat gempa,” katanya.

Bambang berharap pemerintah cepat menangani bencana  gempa ini dan menetapkan sebagai status tanggap bencana nasional, sehingga penanganannya dibantu maksimal oleh pemerintah pusat dan pemulihan akan menjadi lebih cepat.

Bambang Juga mengharapkan, pemerintah segera memasang Early Warning System atau alarm dini pendeteksi bencana gempa di wilayah terdampak maupun yang rawan terhadap gempa khususnya gempa mega thrust yang sering diberitakan oleh BMKG melalui media.

Serta memasang petunjuk jalur evakuasi yang disosialisasikan dan disimulasikan secara rutin ke seluruh warga kota melalui latihan latihan safety drill dan lain lain agar korban meninggal dan luka luka dapat di hindarkan atau diminimalkan, karena masih banyak gempa susulan yang terjadi setiap harinya. 

"Saya juga mendapatkan informasi dari kepala desa di desa tersebut belum adanya petugas trauma healing untuk menetralisir kondisi stress dan trauma dari warga yang terdampak gempa," kata Bambang.
Baca juga: Di Polres Cianjur, Polda Kaltara serahkan bantuan gempa
Baca juga: Polri gunakan motor "all road" salurkan bantuan gempa ke pelosok




 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024