Tarakan (ANTARA) - Polda Kalimantan Utara mengerahkan pasukan Pengendalian Massa (Dalmas) Direktorat Samapta Polda Kalimantan Utara sebanyak 60 orang ke Polres Nunukan, Malinau dan Tana Tidung pada Minggu jelang Pilkada Serentak.

"Mereka bertugas hingga kegiatan tahapan kampanye selesai namun bila masih dibutuhkan akan diperpanjang atau ditambah kekuatan untuk membantu Polres tersebut," kata Direktur Samapta Polda Kaltara,  Kombes Pol Joko Heri Purwono di Bulungan.

Pasukan ini bertugas melaksanakan pengamanan tahapan kampanye paslon kepala daerah dan pengamanan unjuk rasa sebagai pasukan Dalmas inti.

Sebelum berangkat ke Polres, pasukan dalmas ini sudah diberi latihan peningkatan kemampuan Dalmas humanis, latihan sispamkota, latihan pengamanan kampanye dan latihan fisik sebagai bekal untuk melaksanakan tugas di Polres.

Selain itu mereka juga diberikan dukungan anggaran yang bersumber dari anggaran Operasi Mantap Praja Kayan tahun 2024.

"Pengaturan tugas pasukan Dalmas ini diatur oleh Polres sesuai dengan rencana kegiatan pengamanan tahapan kampanye yang telah dibuat," kata Joko.

Sedangkan Polda Kaltara memantau dari laporan kegiatan harian yang dilaporkan dan mengevaluasi agar penggunaan kekuatan pasukan Dalmas ini lebih efektif menciptakan rasa aman di masyarakat saat pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024.
Baca juga: Arahan Kapolda Kaltara Kepada Bintara Remaja Angkatan 51- 2024 : 1 Hari Minimal Berbuat 1 Kebaikan
Baca juga: Apel Siaga Imbangan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Polda Kalimantan Utara

 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024