Kerja Sama Kaltara-Sekolah Tinggi Perikanan Kementerian Kelautan

id ,

Kerja Sama Kaltara-Sekolah Tinggi Perikanan Kementerian Kelautan

Ketua STP-KKP, I Nyoman Suyasa (kiri) dan Pj Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie (kanan) (Humasprov Kaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Penjabat Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie mengatakan pemprov dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan RI, melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (STP-KKP).

"Pemprov Kaltara dan STP-KKP sepakat melakukan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna kelancaran pembangunan di provinsi ini," kata Irianto melalui siaran Humas Prov Kaltara di Tanjung Selor, Selasa.

Jalinan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Kaltara dan Ketua STP-KKP.

"Ir Amier Bakri selaku Kepala DKP Prov Kaltara dan Dr I Nyoman Suyasa selaku Ketua STP-KKP yang melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut," jelas Irianto.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan di Jakarta tersebut selain dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Kaltara juga disaksikan oleh jajaran STP-KKP.

"Jalinan kerja sama ini, membawa dampak positif dengan terbukanya kesempatan yang lebih luas bagi putra putri Kaltara yang berminat melanjutkan pendidikan di STP KKP," kata Irianto.

"Terkhusus bagi siswa-siswi lokal yang baru saja dan akan lulus dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)," lanjutnya.

Selain pengembangan sumber daya manusia (sdm) generasi muda, fokus jalinan kerjasama ini juga tertuju pada pengembangan kualitas dan kompetensi aparatur pemerintah daerah.

"Ini merupakan kesempatan aparatur pemerintah untuk mendapatkan pendidikan pelatihan (diklat) serta kegiatan penelitian di bidang kelautan dan perikanan yang sangat relevan dengan potensi Provinsi ini," ujar Irianto.

"Selain itu, Pemprov juga mengalokasikan dana bantuan beasiswa dan dukungan yang diperlukan," tambahnya.

"Provinsi Kaltara masih sangat muda. Tetapi kami tidak ingin terlena. Kami bahkan terus bersama pusat-pusat unggulan di Indonesia untuk mengatasi masih banyaknya ketertinggalan pembangunan di berbagai bidang," kata Irianto.

"Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, kita dapat berakseleraksi dan memacu pembangunan ke depan khususnya pada bidang kelautan dan perikanan," jelasnya.