Kuatkan Silaturahmi Melalui Muhibah Borneo--Matangkan Persiapan Event Internasional

id ,

Kuatkan Silaturahmi Melalui Muhibah Borneo--Matangkan Persiapan Event Internasional

MEWAKILI GUBERNUR : Kepala Dinas Kesehatan Kaltara, Suryanata, mewakili Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie pada kegiatan Muhibah Borneo, di Yogyakarta, Selasa (18/10) siang. (dok humas)

Yogyakarta (Antara News Kaltara) - Rapat Koordinasi Ke-2 Persiapan Program Sukan Kesehatan Muhibah Borneo Tahun 2017 dilaksanakan pada Selasa (18/10) siang. Rapat tersebut membahas tentang kematangan konsep dan persiapan yang telah dibahas pada Rapat Koordinasi Ke-1 Februari silam di Tawau.

Program ini merupakan ajang lomba olahraga persahabatan dan pertunjukan kebudayaan yang diselenggarakan secara bergilir. Program ini dilaksanakan dalam rentang waktu 2 tahun sekali untuk kalangan tenaga kesehatan di terdapat Pulau Kalimantan yang meliputi 3 (tiga) negara. Ketiga negara tersebut adalah Indonesia (Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat), Malaysia (Sarawak, Wilayah Persekutuan Labuan dan Sabah) serta Brunai Darussalam.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara, Drs. Suryanata, MM hadir sekaligus mewakili Gubernur Kalimantan Utara untuk membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Suryanata menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para hadirin yang hadir pada rapat tersebut.

Tujuan dari program ini adalah untuk mempererat dan menguatkan tali silaturahmi serta kerja sama seluruh tenaga kesehatan yang terdapat diantara ketiga negara di Pulau Kalimantan tersebut. Adapun lomba olahraga terbagi dalam 2 kategori, yaitu olahraga wajib dan olahraga pilihan.

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Ketua Sekretariat Program Sukan Kesehatan Muhibah Borneo Tahun 2017, H. Romi Bin Len sekaligus sebagai Delegasi Sarawak, Malaysia. Kemudian Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan serta beberapa perwakilan dari SKPD Kaltara.

Pada Program Sukan Kesehatan Muhibah Borneo Tahun 2017 merupakan keikutsertaan Kaltara yang kedua kalinya setelah di Brunai Darussalam pada 2015 silam. Persiapan yang akan dilakukan bagi calon peserta dari Kaltara antara lain dengan melibatkan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kaltara, mulai dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kesehatan baik tingkat Kabupaten/Kota hingga Provinsi, dan seluruh Puskesmas.

"Bahkan kalau perlu kita akan melaksanakan seleksi internal untuk menjaring calon peserta yang akan diikutkan di acara ini,” ujar Suryanata.



Pada akhir rapat tersebut juga turut disampaikan rencana penunjukan Kalimantan Utara sebagai tuan rumah untuk Program Sukan Kesehatan Muhibah Borneo pada Tahun 2019 mendatang.

"Insya Allah pada Rapat Koordinasi Ke-3 yang rencananya akan digelar pada Januari 2017 besok, kita akan matangkan lagi semuanya," tutup Suryanata.