Sekprov Pimpin Apel Nusantara Bersatu--Teguhkan Kembali Semangat Kebangsaan

id ,

Sekprov Pimpin Apel Nusantara Bersatu--Teguhkan Kembali Semangat Kebangsaan

APEL NUSANTARA: Sekprov Kaltara H Badrun saat menghadiri Apel Nusantara Bersatu di lapangan Agatis, Rabu (30/11). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Sekretaris Provinsi Kaltara H Badrun menuturkan kegiatan Apel Nusantara Bersatu yang digelar Rabu (30/11) adalah upacara serentak yang dilaksanakan seluruh Indonesia. Dalam apel nusantara bersatu ini tujuannya mengajak masyarakat dari seluruh kalangan untuk meneguhkan kembali semangat kebersamaan. Hal ini disampaikan Badrun usai apel tersebut di lapangan Agatis Tanjung Selor.

“Kita perkuat lagi semangat kebinekatunggal ika-an dan semangat NKRI (negara kesatuan republik Indonesia),” ucap Badrun. Semangat kebinekatunggalikaan merupakan spirit untuk memahami perbedaan yang seharusnya menjadikan masyarakat bersatu.

Masyarakat kembali diingatkan untuk memahami semangat satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Dinamika-dinamika yang ada saat ini merupakan bagian dari proses demokrasi yang seharusnya tidak mengganggu dan tidak mengikis persatuan Indonesia.

Apel tidak hanya dilaksanakan oleh jajaran pemerintah provinsi saja, pemerintah kabupaten dan kota pun melaksanakan upacara ini. Selain itu, acara ini juga diikuti oleh seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama serta pemuda-pemuda Kaltara.

“Semua hadir, beberapa anak muda kita, tokoh masyarakat semua hadir untuk mengekspresikan rasa kebangsaannya,” jelasnya. Menurutnya kehadiran masyarakat dalam acara ini bersifat dinamis, siapa pun bisa ikut, dan menyuarakan semangat persatuan.

“Yang jelas tadi semua kalangan masyarakat sudah terwakili, dari kalangan pemuda, mahasiswa, para pelajar, cendekiawan, tokoh masyarakat, semua terwakili,” sebutnya. Sebagai provinsi perbatasan, menurutnya semangat persatuan patut dibangun. Semangat NKRI baginya jangan sampai hilang. Apalagi Kaltara merupakan garis perbatasan negara.