OASE Kabinet Kerja Tanamkan Pendidikan Berkualitas--800 Guru TK/PAUD Ikuti Pelatihan Akbar

id ,

OASE Kabinet Kerja Tanamkan Pendidikan Berkualitas--800 Guru TK/PAUD Ikuti Pelatihan Akbar

BERI SAMBUTAN : Bunda Paud Kaltara, Rita Ratina Irianto memberikan sambutan pada acara Pelatihan Akbar Guru TK/PAUD di Auditorium Unikal, Kamis (8/12). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - 800 guru Taman Kanak-kanak (TK)/Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sederajat dari kabupaten/kota di Kalimantan Utara (Kaltara) mengikuti pelatihan akbar guru TK/PAUD dengan tema "Praktik Pendidikan Karakter dan Pendekatan Saintifik Yang Sukses Membangun Akhlak, Daya Pikir Kritis dan Kreatif Anak” yang digelar Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) bersama Tim Penggerak PKK dan Indonesia Heritage Foundation (IHF), di Universitas Kalimantan Utara (Unikal), (8/12).

Pelatihan akbar tersebut dibuka oleh pelopor Yayasan Warisan Luhur Indonesia IHF, Ratna Megawangi mewakili pembina OASE-KK Iriana Joko Widodo, juga istri dari Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Sofyan Djalil. OASE-KK telah mencanangkan program gerakan TK/PAUD berkualitas. Gerakan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan serta menyebarluaskan pendidikan karakter.

“Masalah utama yang harus lebih diperhatikan dalam bidang pendidikan adalah kualitas guru sebagai penerus, apalagi dengan penerapan satu paud satu desa, nah bagaimana cara kita kualitas dari TK/PAUD bisa kita tingkatkan,” katanya saat memberikan materi pelatihan melalui penerapan model pendidikan holistik berbasis karakter.

Sebab menurutnya, peningkatan kualiatas guru sangat diperlukan untuk memaksimalkan proses pendidikan karakter anak sejak dini. Karena secanggih apapun kurikulumnya tanpa diiringi kemampuan guru menerapkan metode pembelajaran, maka kualitas pendidikan Indonesia mustahil diperbaiki.

“Guru yang penuh cinta, berkomunikasi dengan positif, kreatif dan menyenangkan akan sangat efektif dalam menanamkan karakter. Guru seperti inilah yang akan dikembangkan melalui pelatihan ini,” ujar.

Pendidikan karakter lanjutnya, sangat penting ditanamkan sedini mungkin agar bangsa Indonesia memiliki etos kerja yang tinggi, tanggung jawab, disiplin dan karakter unggul lainnya. “Untuk itulah guru sebagai agen perubahan, harus menjiwai karakter unggul yang akan ditanamkan secara holistik kepada siswa secara teladan,” sebutnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kaltara Rita Ratina Irianto Lambrie, menyambut baik pelatihan tersebut, menurutnya mengajak para guru TK/PAUD di Kaltara dalam menanamkan pendidikan yang berkarakter sangat penting bagi anak didik sejak dini.

“Karena, pendidikan itu menjadi satu kunci untuk melahirkan para generasi bangsa yang baik dan cerdas. Jadi, peranan guru penting demi menentukan masa depan anak-anak bangsa yang berkarakter,” ujarnya.

Rita mengapresiasi 800 guru TK/PAUD kabupaten/kota yang telah hadir pada kegiatan tersebut dan menyampaikan penghargaannya kepada tim OASE-KK, PKK dan IHF yang telah menyelenggarakan pelatihan tersebut.

“Walaupun kami provinsi termuda, namun dengan jumlah kami yang hanya 800 guru tidak kalah semangatnya dengan 1500 guru TK/PAUD. Semangat ini merupakan tekad kami untuk menjadikan Provinsi Kaltara yang terdepan dan menanamkan pendidikan yang berkualitas di Provinsi Kaltara. Kami juga berterima kasih kepada tim penyelenggara yang sudah memberikan dukungan penuh buat kami, semoga program ini bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan nilai yang positif,” ujar Ketua TP PKK Kaltara tersebut.

Selain itu, dia juga menyampaikan keinginannya kepada tim OASE-KK dan IHF, agar pelaksanaan kegiatan pelatihan akbar tersebut dapat terselenggara di daerah perbatasan Kaltara yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

“Karena, kita tidak dapat menyamaratakan daerah perbatasan ini dengan daerah yang telah maju. Kami sangat mengharapkan kehadiran tim penyelenggara ke daerah perbatasan Kaltara untuk melihat anak-anak kami di sana,” sebutnya.