Gubernur Serahkan Bantuan 500 Unit Komputer--Diperuntukan SMP dan SMA/K se-Kaltara

id ,

Gubernur Serahkan Bantuan 500 Unit Komputer--Diperuntukan SMP dan SMA/K se-Kaltara

BANTUAN: Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyerahkan bantuan kepada seluruh (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie menyerahkan bantuan kepada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) berupa computer base test (CBT). Sebanyak 500 unit akan dibagikan ke SMP dan SMA/K Negeri se-Kaltara.

“Lima ratus unit ini akan diperuntukkan bagi SMP dan SMA termasuk SMK se-Kaltara, dan akan diberikan secara bertahap,” ujar Irianto usai memberikan bantuan kepada perwakilan sekolah secara simbolis di ruang pertemuan Kantor PUTR Kaltara, Rabu (14/12).

Irianto mengatakan tahun ini menyesuaikan kemampuan keuangan, komputer dibagikan ke sekolah negeri. Rencananya tahun depan sekolah swasta juga akan diberikan komputer. Tujuan diberikannya bantuan untuk mendukung kelancaran bagaimana sekolah dapat menggunakan ujian dengan komputer.

Irianto pada acara tersebut secara simbolis menyerahkan bantuan komputer untuk tingkat SMP di antaranya SMPN 2 Bunyu, SMPN 2 Nunukan, SMPN 1 Malinau Barat, SMPN 1 Sesayap, SMPN 7 Tarakan, SMPN 2 Tanjung Palas Tengah SP 2 Tanjung Buka dan SMPN 2 Satap Tanjung Selor SP1 Tanjung Buka.

Sementara untuk tingkat SMA, secara simbolis bantuan diserahkan kepada SMAN 1 Tanjung Palas, SMAN 1 Nunukan, SMAN 3 Malinau, SMAN 1 Sesayap, dan SMAN 3 Tarakan.

“Pemberian bantuan ini adalah salah satu komitmen pemerintah untuk bagaimana kita bisa bersama-sama memajukan pendidikan kita, dan ini adalah baru sebagian kecil,” terang Irianto.

Irianto mengatakan perlengkapan yang diberikan merupakan sekedar instrumen, namun yang lebih penting dari pendidikan adalah bagaimana membentuk karakter anak didik menjadi lebih baik. Kepada pengajar se-Kaltara diimbau agar berkorelasi positif dengan upaya mempercepat akselerasi pembangunan di Kaltara.

Pengaruh produk pendidikan saat ini, kata Irianto sangat besar bagi keberhasilan Kaltara di masa mendatang. Generasi muda akan menjadi cikal bakal manusia yang mengabdi di daerah maupun di daerah lain atau bahkan di negara lain.

Untuk itu, Irianto menegaskan kembali, bantuan yang sudah diberikan jangan hanya digunakan namun juga agar dapat dipelihara dengan baik agar pemanfaatannya lebih lama.

“Karena banyak barang yang sudah diberikan tetapi tidak dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik sehingga akhirnya pemakaian 6 bulan saja sudah rusak,” ucap Irianto.

Selain itu, Irianto juga meminta agar barang yang akan diterima, dipastikan kualitasnya baik dan sudah ada pemeriksaan dari tim pemeriksa barang.

“Jangan sampai kualitasnya tidak sesuai dengan spesifikasi,” imbuhnya.

Irianto juga menjelaskan, sejak 2015 lalu Pemprov Kaltara telah memberikan bantuan berupa alat praktik dan alat peraga Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA yang ada di 5 kabupaten/kota sebanyak 45 sekolah. Dan tahun 2016 meningkat menjadi 57 sekolah sehingga saat ini sudah ada 102 sekolah yang diberikan bantuan dari pemerintah provinsi.