HUT Kaltara ke-4, Munculkan Semangat Baru

id ,

HUT Kaltara ke-4, Munculkan Semangat Baru

RAPAT PERSIAPAN : Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, H Badrun memimpin rapat persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Kaltara, didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H Syafiul Herman di Gedung Serbaguna, Kamis (30/3). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ke-4/2017 yang jatuh pada April nanti, bakal menjadi momentum khusus bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara untuk menunjukkan geliat pembangunan yang berlangsung sejak 2013 hingga saat ini.

Persiapan perayaannya pun dilakukan sejak dini, salah satunya lewat rapat staf terbatas yang dipimpin oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, H Badrun dengan didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kaltara, Syaiful Herman, kemarin (30/3) di Ruang Pertemuan Lantai 2 Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara.

Pada rapat itu, Sekprov mengatakan puncak peringatan HUT Kaltara ke-4 adalah upacara dan rapat paripurna. Upacara sendiri, berdasarkan hasil rapat tersebut, kemungkinan besar akan menggunakan Lapangan Agatish. Alasannya, Lapangan Agatish memiliki akses cukup mudah, lapangannya luas, dan area parkir yang memadai. “Yang menjadi perhatian untuk lokasi upacara di Lapangan Agatish nanti, adalah atap tribunnya perlu perbaikan karena ada sejumlah titik kebocoran. Soal ini akan dikomunikasikan dengan instansi terkait,” kata Sekprov.

Selain mengenai HUT Kaltara, rapat kemarin juga membahas persiapan rapat paripurna yang akan digelar di Gedung DPRD Kaltara, Jumat (31/03) hari ini. “Pada paripurna nanti, selain penyampaian LKPj (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) gubernur, juga penetapan Raperda RTRW (Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah) Kaltara 2016-2036, dan Prolegda (Program Legislasi Daerah),” ujar Sekprov.

Mengenai LKPj, setelah disampaikan oleh Pemprov Kaltara, sore harinya dokumen itu akan diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Pada penyampaian LKPj itu, dijadwalkan Gubernur Kaltara, H Irianto Lambrie akan memaparkan kisah penyelenggaraan pemerintahan Kaltara dari periode 2014 hingga saat ini. Di situ juga, lanjut Sekprov, akan ditampilkan dokumentasi kondisi perkantoran Pemprov Kaltara di awal terbentuknya provinsi ini.

Ini untuk menggambarkan bahwa Kaltara benar-benar dibangun dari bawah hingga seperti saat ini, hanya dalam tempo waktu 4 tahun. “Masyarakat juga aparatur pemerintah patut mengetahui bahwa Kaltara yang ada saat ini, dibangun dari kondisi yang serba kekurangan. Gedung perkantorannya banyak yang menyewa, dan lainnya,” ungkap Sekprov.

Diharapkan pula, dengan penggambaran perjalanan Provinsi Kaltara dari 2013 hingga 2017 akan muncul semangat membangun yang baru dari seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan stakeholder di Kaltara.