Irianto-Konjen Sabah Bahas Perbatasan

id ,

Irianto-Konjen Sabah Bahas Perbatasan

Kaltara di Sabah (dok Konjen Sabah)

Oleh M Rusman

Nunukan (Antara News Kaltara) - Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie berkunjung ke Negeri Sabah, Malaysia, untuk membicarakan sejumlah permasalahan perbatasan.

Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah, Ahmad DH Irfan di Kota Kinabalu melalui pesan singkatnya kepada Antara di Nunukan, Kamis malam membenarkan, Gubernur Kaltara Irianto Lambrie bersama rombongan sedang berada di Kota Kinabalu.

Gubernur Kaltara tersebut dijadwalkan bertemu dengan Raja Negeri Sabah Tuan Yang Terutama Yang di Pertua Negeri Sabah, Tun Datuk Seri Panglima Haji Juhar Haji Mahiruddin pada 28 April 2017.

Selain itu, kata Ahmad DH Irfan, Irianto Lambrie bersama rombongan akan bertemu Sabah Electricty Sdn Bhd (SESB) dan Asosiasi Pengusaha Negeri Sabah.

Rombongan Pemprov Kaltara rencananya berada di Negeri Sabah selama empat. Dia menerangkan, pertama kali mengunjungi Kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) Kota Kinabalu.

Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu ini menambahkan, Gubernur Kaltara menyinggung soal sejumlah kesepakatan kerja sama antara Provinsi Kaltara dengan Negeri Sabah baik bilateral maupun forum Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) sejak 1995.

Namun kerja sama tersebut tidak berjalan sesuai harapan karena belum ditindaklanjuti akibat sejumlah kendala yang belum mampu diselesaikan secara bersama-sama.

Sosek Malindo yang mencakup aspek sosial budaya, ekonomi, perdagangan, perhubungan, keselamatan dan keamanan warga negara serta pengurusan perbatasan.

Salah satu aspek yang belum ditindaklanjuti adalah berkaitan dengan izin operasi angkutan resmi antara Pulau Sebatik dengan Tawau, Malaysia, dan penataan kembali kerja sama perdagangan lintas batas antara kedua kawasan.