Buka Puasa Bersama di Baznas, Gubernur Ajak Masyarakat untuk Berzakat

id ,

Buka Puasa Bersama di Baznas, Gubernur Ajak Masyarakat untuk Berzakat

AJAK BERZAKAT : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie kala menghadiri acara buka puasa bersama di Baznas Provinsi Kaltara, Minggu (11/6). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie menegaskan tentang pentingnya berzakat. Melalui zakat, kata Irianto, selain memang sebagai kewajiban bagi setiap muslim, juga untuk membantu mengentaskan kemiskinan. Untuk itu, Gubernur menyerukan kepada masyarakat, khususnya umat muslim untuk melaksanakan kewajibannya membayar zakat. Baik itu zakat fitrah maupun zakat mal.

Demikian disampaikan Irianto, saat menghadiri buka puasa bersama di sekretariat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltara di Jalan Kaka Tua, Tanjung Selor, Minggu (11/6) petang lalu. “Dalam aturan agama ditegaskan, bahwa sebagian dari harta yang kita miliki ada haknya orang miskin, mualaf, yatim piatu. Maka dari itu, saya mengajak agar kita semua taat menjalankan kewajiban membayar zakat. Dengan zakat ini juga kita bisa membantu masyarakat lain. Utamanya, mereka yang kurang mampu. Sekaligus bisa membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan,” ujar Irianto.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan beberapa agenda terkait dengan zakat. Di antaranya mengenai program Kaltara Berzakat. Melalui program ini, Irianto menyerukan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara untuk membayar zakat. “Rencananya nanti tanggal 15 Juni. Saya minta seluruh pejabat yang muslim hadir, kita contoh untuk membayar zakat,” jelasnya.

Sementara itu, selain berbuka puasa bersama, di sela acara kemarin Gubernur secara simbolis menyerahkan santunan kepada perwakilan mualaf yang ada di Kaltara. Acara dilanjutkan dengan buka puasa dan salat Magrib berjamaah. Tampak hadir dalam kegiatan itu, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio serta sejumlah kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kaltara.