Hatifah Ingatkan Tantangan Panwaslu Kian Berat

id ,

Hatifah Ingatkan Tantangan Panwaslu Kian Berat

Hetifah Sjaifudian Anggota Komisi II DPR RI (Dok)

Jakarta (Antara News Kaltara) - Hetifah Sjaifudian Anggota Komisi II DPR RI yang merupakan mitra kerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengucapkan selamat untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kalimantan Utara yang baru dilantik.
Anggota DPR dari Dapil Kaltim-Kaltara itu di Jakarta, Selasa juga mengingatkan bahwa tantangan kedepan akan semakin berat, sehingga membutuhkan kerjasama yang solid untuk mengatasi tantangan tersebut.
Anggota Panwaslu yang baru dilantik berjumlah 15 orang, tersebar di 5 Kabupaten dan Kota di Kaltara, dengan jumlah anggota ditiap daerah berjumlah tiga orang.
"Saya ucapakan selamat kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang baru, tentu tidak mudah sampai pada proses pelantikan saat ini setelah menjalani serangkaian seleksi yang ketat," kata Hetifah dalam siaran persnya.
Kedepan di Kaltara akan mengadapi Pilkada di Kota Tarakan, yang tentunya tensinya tinggi. Setelah itu Pemilu untuk pertama kalinya dilaksanakan bersamaan antara Pileg dan Pilpres.
"Sebagai mitra kerja di Komisi II, saya siap untuk bekerjasama dalam mewujudkan Pilkada dan Pemilu yang bersih, jujur, dan adil," terang Hetifah.
Komisi II DPR RI sudah membahas Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) antara lain mengenai pengawasan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.
Selain itu, tentang pengawasan pencalonan, pengawasan kampanye, pengawasan dana kampanye, serta tata cara penanganan pelanggaran administrasi.
Dalam peraturan tersebut, untuk menghasilkan aturan Pilkada yang menguntungkan semua pihak, masih banyak hal yang perlu disempurnakan seperti berubahnya nama Panwas menjadi Bawaslu Kab/Kota, mengenai kejelasan pengawasan dana kampanye, dan Kantor Akuntan Publik (KAN).