Harapkan Sarana Wisata Jadi Pendongkrak Ekonomi

id ,

Harapkan Sarana Wisata Jadi Pendongkrak Ekonomi

Rapat Koordinasi (Rakor) Kepariwisataan (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Sektor wisata di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) diharapkan menjadi pendongkrak ekonomi baru di provinsi termuda ini. Untuk itu, diharapkan peran masyarakat yang berada di lokasi destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara Ahmad Haerani mengatakan, salah satu upaya yang terus dilakukan adalah meningkatkan kapasitas masyarakat sebagai pelaku usaha. Dengan begitu, perekonomian akan tumbuh signifikan. "Penting untuk kita menata konsep kepariwisataan yang ada di Kaltara agar tidak lagi bersifat asal-asalan dan juga kita beri pelayanan yang optimal," ungkap Haerani.

Selain itu, kata Haerani, Dispar terus menggenjot potensi wisata yang ada di Kaltara, salah satunya dengan promosi. Misalnya, melibatkan insan pariwisata yang tinggal di sekitar area wisata. Ini, kata Haerani, secara tidak langsung dapat membantu pengembangan pariwisata dari segi pelayanan jasa maupun promosi.

"Untuk sekarang kami berupaya dalam meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) internal," sebutnya.

Karena itu, dibutuhkan sejumlah kegiatan melibatan pelaku usaha dalam bidang kepariwisataan yang bermitra dengan masyarakat. Misalnya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepariwisataan, guna menyatukan kesepakatan dan kesepahaman terkait arah pariwisata di Kaltara. "Kita tentukan dulu arah pembangunan pariwisata kita di Kaltara baru setelah itu kita bisa kembangkan," kata Haerani.