Berkah dari penerimaan CPNS

Berkah dari penerimaan CPNS
DAYA TARIK EKONOMI : Penerimaan CPNS Pemprov Kaltara tahun 2017, turut memberi berkah kepada para pedagang. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Datangnya ribuan pelamar dari berbagai daerah di Tanah Air untuk mendaftar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), turut berdampak pada menggeliatnya ekonomi di ibukota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor.

Sejak beberapa hari ini, hampir semua penginapan dan hotel penuh. Angkutan umum, mulai dari speedboat dari Tarakan-Tanjung Selor (sebaliknya), hingga angkutan kota (Angkot) ramai penumpang. Begitu juga di kalangan pedagang, mulai dari warung makan hingga pedagang kaki lima mendapat berkah dari kedatangan ribuan orang ke Tanjung Selor ini.

Di sektor perhotelan misalnya. Rata-rata calon pendaftar dari luar daerah, baik yang dari luar Kaltara maupun dari beberapa daerah lainnya di Kaltara, tidak memiliki keluarga di Ibukota Kaltara, sehingga mengharuskan mereka tinggal atau menginap di hotel dan penginapan.

Hingga kemarin (24/9) semua hotel dan penginapan di Tanjung Selor penuh. Di mana tamunya didominasi para pendaftar CPNS. Bahkan beberapa rumah sewa, maupun tempat kos juga penuh dengan para calon pelamar untuk menjadi abdi negara itu.

Menurut Rina, salah satu resepsionis Hotel Platinum yang terletak di Jalan Durian, sejak beberapa hari terakhir, belasan kamar yang ada sudah terisi penuh. Bahkan puluhan orang yang datang sejak pagi ingin memesan kamar terpaksa ditolak olehnya. "Sejak adanya penerimaan CPNS semua kamar penuh. Bahkan orang yang mau booking kami tolak, karena takut tamu yang ada masih tambah menginap," katanya.

Hal yang sama diungkapkan Rudi, petugas jaga hotel di Jalan Jeruk Tanjung Selor. Kamar yang ada, sejak sepekan belakangan sudah penuh. "Kamar sudah full semua. Mulai siang hari semakin banyak yang datang dan kami tolak karena sudah tidak ada kamar yang tersedia," kata Rudi.

Sulitnya mendapatkan kamar hotel diakui oleh beberapa pelamar. "Kami keliling-keliling penuh semua. Untung di sini masih ada satu kamar. Tidak apa-apa kami bertiga, yang penting ada tempat istirahat," kata salah seorang pelamar asal Makassar, yang dijumpai di salah satu penginapan di Jalan Jeruk Tanjung Selor.

Sementara itu, sejumlah pedagang memanfaatkan momen ini untuk meraup rezeki. Parno, salah satu pedagang makanan yang beberapa hari ini berjualan di lokasi pengumpulan berkas, yaitu di Jalan Durian mengaku meraup untung besar. "Alhamdulillah mas, laris. Dagangan saya habis. Ya lumayan lah," ujar pria asal Pulau Jawa itu.

WARGA BANTU BERSIH-BERSIH

Meningkatnya aktivitas di sekitar kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara di Jalan Durian, Tanjung Selor menimbulkan tumpukan sampah di sekitarnya. Ditambah dengan aktivitas para pedagang berjualan di seputaran kantor BKD Kaltara. Kondisi ini mengundang kepedulian masyarakat sekitar.

Dipimpin oleh ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, warga bersama anggota Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri melakukan aksi bersih-bersih di sekitar lokasi pendaftaran CPNS, Sabtu (23/9) lalu. "Kami ingin Tanjung Selor tetap bersih dan nyaman. Alhamdulillah anggota secara spontan dipanggil dan bergerak cepat untuk aksi sosial bersih bersih sekitar kantor BKD Provinsi, usah Subuh tadi," ujar M Isya, ketua Senkom MP Kabupaten Bulungan.

Senada dikatakan Datuk Ahmad, ketua RT 96 Tanjung Selor Hilir, yang memimpim kegiatan bersih-bersih itu. "Kami berharap Tanjung Selor terkesan bersih oleh para tamu kita yang datang mencari kerja dari luar Tanjung Selor," kata Datuk Ahmad.

Editor:Firsta Susan Ferdiany

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Warning: array_merge(): Argument #1 is not an array in /var/www/html/biro/kaltara/berita.php on line 117
Warning: array_merge(): Argument #1 is not an array in /var/www/html/biro/kaltara/#module/fly.php on line 27
Back to top
Twitter
Facebook
Google Plus
RSS