200 Siswa Ikuti Wisata Ziarah

id ,

FOTO BERSAMA : Sebanyak 200 siswa yang berasal dari 19 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) mengikuti kegiataan ziarah wisata ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Telabang Bangsa Tanjung Selor, Rabu (8/11) (dok humas)

    Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Sebanyak 200 siswa yang berasal dari 19 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) mengikuti kegiataan ziarah wisata ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Telabang Bangsa Tanjung Selor, Rabu (8/11).      Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kaltara Sugiono, kegiatan ini sebagai upaya memupuk nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial sebagai salah satu unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa. “Kita harus ingatkan kembali kepada generasi muda kita, tentang perjuangan pahlawan dalaam melawan penjajah. Karena, kita ini telah menikmati apa yang mereka perjuangkan dahulu,” ujar Sugiono.      Ia menjelaskan semangat kepahlawanan harus terus ditumbuh kembangkan, dihayati, dan diamalkan dalam setiap sikap perilaku kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu dilestarikan melalui restorasi sosial. “Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengenalkan nilai-nilai itu, adalah dengan menyelenggarakan ziarah wisata ke TMP ini,” ulasnya.
    Dalam kegiatan ini juga diadakan Upacara Tabur Bunga, penyampaian informasi tentang riwayat hidup perjuangan pahlawan yang dimakamkan di TMP oleh naarasumber, dan tanya jawab dengan para pelaku sejarah. “Antusiasme siswa baik SD maupun SLTP cukup tinggi terlihat dari keceriaan dan keaktifan mereka dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut,” tuntasnya.
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar