Genjot Pariwisata, Pemprov Bangun Kapal Wisata

id ,

SEMINAR : Wagub Kaltara H Udin Hianggio mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie kala menghadiri Seminar Redesign Kapal Pariwisata Provinsi Kaltara di Gedung COT Kampus Teknik Unhas Makassar, Senin (4/12). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Sebagai provinsi termuda di Indonesia, Kalimantan Utara (Kaltara) memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah juga potensi wisata yang besar. Baik, potensi wisata alam, budaya maupun buatan. Hal inilah yang mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui Dinas Pariwisata (Dispar) untuk serius mengembangkan sarana pariwisata, salah satunya dengan membuat Kapal Wisata.

Saat ini, Dispar dalam tahap membuat perencanaan dan desain Kapal Wisata bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Kerja sama itu direncanakan selama 2 tahun anggaran, yakni 2018 dan 2019. "Ada perubahan desain, yang awalnya berbahan besi kini berubah desain berbahan kayu. Ini untuk menampung semua masukan dan saran agar Kapal Pariwisata ini pas untuk mode perairan Kaltara dan nantinya dapat mengakses ke semua kabupaten dan kota di Kaltara," kata Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio yang hadir mewakili Gubernur Kaltara Dr Ir H Irianto Lambrie pada Seminar Redesign Kapal Pariwisata Provinsi Kaltara di Gedung Centre of Technic (COT) Kampus Teknik Unhas Makassar, Senin (4/12).

Terkait rencana ini, pada Desember ini akan dilakukan seminar lanjutan. "Kemungkinan besar akan diadakan di Tarakan untuk final redesign kapalnya. Desain tersebut yang nantinya akan diserahkan ke Gubernur," ujar H Udin.

Selain akan mendorong wisatawan mancanegara maupun domestik berkunjung ke Kaltara, pembuatan Kapal Wisata juga dapat mengembangkan mode ekonomi kreatif baru di Kaltara. Artinya, Kapal Wisata akan menjadi rangsangan kepada masyarakat atau pelaku usaha untuk ikut mengembangkan pariwisata. "Jika sudah ramai dan menarik, maka masyarakat akan terdorong untuk mengkreasikan sesuatu yang bisa dijual," jelasnya.

Untuk itu, Wagub berharap kepada masyarakat Kaltara agar selalu menjaga lingkungan dan alam sekitar. Karena, alam Kaltara merupakan potensi besar untuk diberdayakan.

Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar