Bunda Baca Kaltara Tekankan Gerakan Literasi

id ,

Bunda Baca Kaltara Tekankan Gerakan Literasi

BUDAYAKAN LITERASI : Bunda Baca Kaltara Hj Rita Ratina Irianto Lambrie berfoto bersama sejumlah siswa SD Negeri 007 Tanjung Selor, kemarin (18/12). (dok humas)

Tanjung Selor (Antaranews-Kaltara) – Bunda Baca Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Hj Rita Ratina Irianto Lambrie mengajak para guru dan siswa agar lebih mengembangkan dan mempraktekkan gerakan literasi, terutama untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) karena dapat meningkatkan kemampuan literasi awal hingga menjadi penentu prestasinya. Hal ini disampaikan Rita usai melakukan kunjungan ke SD Negeri 007 Tanjung Selor, kemarin (18/12). “Kebanyakan dari kita hanya fokus pada nilai. Padahal proses untuk mendapatkan nilai itu yang harusnya menjadi perhatian kita,” kata Hj Rita.

Dalam konteks gerakan literasi di sekolah, lanjut Hj Rita, dapat dimaknai sebagai kemampuan dalam mengakses, memahami, serta menggunakan informasi secara cerdas dan baik. Untuk itu, gerakan ini dirasa penting untuk dapat disebarkan baik untuk guru, siswa maupun untuk orangtua siswa. Di kesempatan itu, Hj Rita juga meninjau keadaan sekolah dan menyumbangkan buku bacaan kepada siswa.

Terakhir, Hj Rita berharap dengan berkembangnya gerakan literasi di Kaltara, maka Kaltara mempunyai generasi penerus yang tidak hanya dapat bersaing di tingkat provinsi namun juga dapat bersaing di kancah nasional bahkan internasional.