Lulusan Unikal diharapkan dapat berikan kontribusi untuk Kaltara

id ,

Selamat : Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Sigit Muryono Menghadiri Wisuda Universitas Kaltara Ke V, Di Gedung Auditorium Unikal, Kamis (11/1). (dok humas)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Sigit Muryono Mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, Menghadiri Wisuda Angkatan V Sarjana (S1) Universitas Kaltara (Unikal), Di Gedung Auditorium Unikal, Kamis (11/1).

Dalam Sambutannya, Sigit Muryono Mengucapkan Selamat Atas Kelulusan Para Alumnus Unikal Yang Telah Menyelesaikan Studinya Dengan Baik. Kiranya Momentum Ini, Kata Sigit, Menjadi Sebuah Proses Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Untuk Terus Melakukan Fungsi-Fungsi Akademik Dan Sosial Kemasyarakatan Sesuai Dengan Visi Misi Yang Dimiliki.

"Perguruan Tinggi Ini Sendiri Lahir Sebelum Lahirnya Provinsi Kaltara. Ini Juga Artinya, Visi Perguruan Tinggi Ini Sejalan Dengan Lahirnya Provinsi Kaltara," Ujarnya.

Visi Provinsi Kaltara, Lanjutnya, 'Berpadu Dalam Kemajemukan Untuk Mewujudkan Kaltara 2020 Yang Mandiri, Aman Dan Damai Dengan Didukung Pemerintahan Yang Bersih Dan Berwibawa'.

Untuk Mencapai Visi Tersebut Menurut Sigit, Harus Ada Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi, Di Mana Dalam Perguruan Tinggi Sudah Dicanangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Ada 3, Yaitu Pendidikan Dan Pengajaran, Proses Pendidikan Dan Pengajaran Harus Bisa Berjalan Dengan Baik. Kedua, Yaitu Penelitian. Dosen Dan Mahasiswa Tidak Akan Berkualitas Apablia Tidak Didukung Oleh Penelitian Yang Baik," Terangnya.

Dari Hasil Pendidikan Dan Pengajaran Lanjutnya, Tidak Akan Mungkin Bermakna Apabila Tidak Disumbangkan Untuk Pengabdian Kepada Masyarakat, Maka Itu Pemerintah Akan Selalu Mendukung.

Dharma Ketiga, Provinsi Kaltara Menerima Dharma-Dharma Itu Dalam Bentuk Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Di Mana Perguruan Tinggi Seperti Unikal, Sudah Selayaknya Memiliki Tiga Model Pendidikan.

"Yaitu, Pendidikan Akademik, Profesi Dan Avokasi. Kami Selaku Pemprov Kaltara Selalu Bekerjasama Dan Mendukung Untuk Mengembangankan Sdm (Sumber Daya Manusia)," Sebutnya.

Ia Mengimbau Kepada Lulusan Unikal Yang Telah Diwisuda, Agar Mampu Bersaing Dengan Sdm Yang Telah Dimiliki Serta Memberikan Kontribusi Melalui Ilmu Yang Telah Diperoleh, Karena Indonesia Sedang Dihadapkan Pada Dunia Kerja Yang Semakin Memprioritaskan Aspek Mutu Dan Kualitas.

"Intinya, Bagaimana Mengembangkan Kaltara Ini Untuk Mampu Berdaya Saing Dengan Orang-Orang Di Luar Kaltara, Bahkan Di Posisi Nasional, Regional Ataupun Internasional Melalui Alumnus Unikal Ini," Katanya.

Lebih Lanjut, Kata Dia, Pemprov Kaltara Akan Terus Berupaya Meningkatkan Dan Mengembangkan Program Pendidikan. "Melalui Terobosan-Terobosan Baru Dalam Rangka Membangun Sdm Yang Cerdas Dan Berkualitas.

Membentuk Manusia Yang Berdaya Guna, Berbudi Luhur, Tanggap Dan Mampu Mandiri Serta Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa," Tuntasnya.

Dalam Wisuda Tersebut, Dari 170 Mahasiswa Yang Mengikuti Prosesi Wisuda Dengan Lulusan Terbaik Yang Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Tertinggi Yaitu, Ika Muliyani Program Studi Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Ipk 3,81.


Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar