TP PKK Kaltara Gelar Karya Bhakti PKK di Sebatik

id ,

TP PKK Kaltara Gelar Karya Bhakti PKK di Sebatik

KARYA BHAKTI : Ketua TP PKK Kaltara Hj Rita Ratina Irianto bersama para peserta Karya Bhakti PKK Provinsi Kaltara di Kecamatan Sebatik Induk, belum lama ini. (dok humas)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Dalam upaya mempercepat tercapainya tujuan pembangunan nasional maka peran serta masyarakat sangat diperlukan. Untuk itu, ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Hj Rita Ratina Irianto meminta agar seluruh komponen di setiap tingkatan PKK yang ada di provinsi ini agar dapat lebih bersinergi dengan pemerintah. Hai ini disampaikan Hj Rita saat membuka kegiatan Karya Bhakti PKK Provinsi Kaltara di Kecamatan Sebatik Induk, Kabupaten Nunukan, beberapa waktu yg lalu.

Disebutkannya, PKK sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya, memiliki tugas antara lain untuk merencanakan, melaksanakan dan membina pelaksanaan program-program kerja TP PKK, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. Lalu, menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program TP PKK serta memberikan bimbingan, motivasi dan memfasilitasi TP PKK atau kelompok-kelompok PKK dibawahnya.

“Agar dapat berperan sebagai sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak 10 Program Pokok PKK pada masing-masing jenjang, TP PKK tidak cukup hanya memiliki kemauan. Namun juga dapat melaksanakan tugasnya secara profesional dan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Dari pelaksanaan Karya Bhakti PKK Provinsi Kaltara sendiri, tercatat hadir sekitar 200 peserta yang merupakan perwakilan dari TP PKK Kabupaten Tana Tidung, Nunukan, Bulungan dan PKK kecamatan beserta desa yang ada di Sebatik. Kegiatan ini, merupakan kegiatan masyarakat atau perorangan dalam penanganan masalah bersifat fisik maupun mental spiritual dalam rangka mewujudkan kemandirian dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Ini merupakan kegiatan dalam rangka memberdayakan diri, baik untuk peserta maupun pelaksana. Karena dengan mempraktekkan dan berbagi ilmu yang kita miliki akan mempertajam ilmu itu sendiri,” urainya.

Sebagai upaya peningkatan kesadaran akan pentingnya peranan setiap keluarga dalam pembangunan keluarga yang berkarakter dan berkepribadian tangguh menuju perwujudan ketahanan keluarga sebagaimana yang diharapkan, maka dilaksanakan kegiatan Pembinaan 10 Program Pokok PKK yang diintegrasikan dengan pelaksanaan program atau kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melalui kegiatan Karya Bhakti Provinsi Kaltara Tahun 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan TP PKK Kabupaten/Kota dan Kader PKK. Selain itu untuk meningkatkan motivasi dan kinerja TP PKK Kabupaten/Kota dan Kader PKK dalam menunjang terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera, serta memberikan kesempatan bagi TP PKK Kabupaten/Kota dan Kader PKK untuk saling berbagi pengalaman. “Juga untuk meningkatkan persahabatan dalam suasana kegembiraan serta rasa persatuan dan kesatuan bagi TP PKK Kabupaten /Kota dan Kader PKK,” tuntasnya