Pembangunan 55 Jalan dan 2 Drainase di Kaltara Terealisasi

id Pembangunan, Jalan, Drainase,Perkembangan,Realisasi,Kaltara

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Di usianya yang akan menginjak 5 tahun, begitu banyak torehan prestasi yang diraih Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, gerak cepat yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terus berlanjut.

Dalam bidang infrastruktur misalnya, provinsi yang dimekarkan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2012 ini telah merealisasikan 55 pembangunan infrastuktur jalan di Kaltara. "Realisasi 2017, sudah 100 persen pelaksanaannya. Seperti pembangunan jalan baru dari Kabupaten Tana Tidung (KTT) menuju Malinau tahun 2017 itu sudah terealisasi sepanjang 1,8 kilometer dari total keseluruhan 5 kilometer," ujar Gubernur.

Di Bulungan, disebutkan Irianto, pembangunan ruas jalan di wilayah itu terdapat 28 titik. Salah satunya, pembangunan ruas jalan Kawasn Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning dan Mangkupadi sudah dalam tahap pembukaan badan jalan. Titik ruas jalan yang dimaksud adalah di wilayah Pindada.

Di samping itu, guna mendukung percepatan KIPI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara juga baru membuka jalan dari jalan trans nasional menuju Tanjung Palas Timur sepanjang 3 kilometer dengan lebar jalan 30 meter. "Selain itu, pembangunan ruas jalan Sajau-Binai dibagi menjadi dua segmen. Lalu, ruas jalan Kampung Baru-Karang Tigau (Batas Bulungan dan Berau), dua segmen," jelasnya.

Sedangkan untuk pembangunan ringroad dan outer ringroad, sudah terealisasi pada 2017 berada di Kabupaten Bulungan, Malinau dan Kota Tarakan. "Pembangunan jalan lingkar itu ada di Pulau Bunyu. Selanjutnya outer ringroad itu untuk mendukung Kota Baru Mandiri (KBM) di Tanjung Selor. Untuk Kota Tarakan, ringroad-nya terbagi jadi 2. segmen Juata Laut menuju Binalatung. Untuk tahun ini, 3 segmen lanjutan pembangunan ruas jalan yang baru dalam tahap proses lelang," jelasnya.

Sepanjang 2017, pembangunan jalan yang paling banyak terealisasi pada wilayah perbatasan negara di Kabupaten Nunukan. Seperti jalan di Long Rungan menuju Long Padi. Dari Long Padi ke Binuang, ruas jalan Long Layu ke Pa'Upan ke Long Rungan. Long Midang menuju Long Bawan, batas negara Long Pasia, ruas jalan Long Bawan menuju Pa'Betung dan Pa’Pani.

Untuk tahun ini, lanjut Irianto, Pemprov kembali merencanakan pembangunan ruas jalan di 18 titik dan jembatan sebanyak 3 titik. Salah satunya, adalah studi kelayakan pembangunan konstruksi underpass pada ruas Jalan Aki Balak di Kota Tarakan. Sebab, landasan pacu Bandara Internasional Juwata tarakan akan diperpanjang ke arah jalan yang kerap digunakan. "Terdapat 5 rencana pembangunan jalan, yang akan dilanjutkan di Kota Tarakan. Hal itu meliputi pembangunan underpass pada Jalan Aki Balak," urai Irianto.

Sedangkan untuk wilayah lainnya, seperti Bulungan terdapat 6 rencana pembangunan ruas jalan. Lalu di Nunukan ada 2 rencana pembangunan ruas jalan. Selanjutnya di Malinau ada 3 rencana pembangunan ruas jalan dan di KTT terdapat 1 rencana pembangunan ruas jalan. "Untuk jembatannya, di Kota Tarakan terdapat 1 jembatan yang akan dibangun, yakni Jembatan Sungai Maya pada ruas ringroad Tarakan dari Juata Laut menuju Binalatung. Sedangkan Bulungan, terdapat 1 rencana pembangunan jembatan yakni di daerah Sungai Sajau 2. Di Nunukan direncanakan pembangunan jembatan Krayan di perbatasan negara," tutupnya.

Rincian Realisasi Pembangunan Jalan Di Kaltara 2017

1. Kabupaten Bulungan 28 titik

2. Kabupaten Nunukan 17 titik

3. Kota Tarakan 6 titik

4. Kabupaten Malinau 2 titik

5. Kabupaten Tana Tidung 2 titik

Rencana Pembangunan Jalan Dan Jembatan Tahun 2018

A. Kota Tarakan

1. Pembangunan jalan dan studi kelayakan pembangunan konstruksi underpass pengembangan Bandara Internasional Juwata Ruas Jalan Aki Balak Kota Tarakan

2. Perencanaan teknis pembangunan Jalan Pendekat Pepabri menuju Gunung Selatan

3. Perencanaan teknis pembangunan jalan lanjutan Lingkar Tarakan ruas Amal Baru ke Amal Lama dari Tanjung Batu menuju Tanjung Pasir

4. Perencanaan teknis peningkatan Jalan Gunung Selatan

5. Perencanaan teknis peningkatan Jalan Gajah Mada

6. Jembatan sungai maya pada ruas ringroad Tarakan dari Juata Laut menuju Binalatung



B. Kabupaten Bulungan (6 Jalan dan 1 Jembatan)

1. Studi kelayakan pembangunan jalan bebas hambatan (jalan tol) Tanjung Selor-Tanjung Redeb

2. Perencanaan Teknis Peningkatan Jalan Menuju SMK Negeri 3 Kabupaten Bulungan

3. Perencanaan teknis pembangunan jalan menuju lokasi rencana Pembangunan Rumah Khusus Di Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan

4. Perencanaan teknis peningkatan Jalan Cendana Tanjung Selor

5. Perencanaan teknis peningkatan jalan simpang Perum Korpri (Jelarai)-RSUD Kabupaten Bulungan

6. Perencanaan teknis pembangunan jalan pendekat menuju Jembatan Sei Terusan ruas Tanjung Rumbia-Gunung Seriang

7. Review desain perencanaan teknis pembangunan Jembatan Sei Sajau II



C. Kabupaten Nunukan (2 Jalan dan 1 Jembatan)

1. Perencanaan teknis pembangunan bangunan pelengkap jalan (gorong-gorong) ruas Jalan Coastal Road Pulau Nunukan

2. Perencanaan Teknis Peningkatan Jalan Padaidi-TPA Pulau Sebatik

3. Perencanaan Teknis Pembangunan Jembatan Perbatasan Krayan Kabupaten Nunukan



D. Kabupaten Malinau (3 Ruas Jalan)

1. Perencanaan teknis peningkatan Jalan Eksekutif-Graha Pemuda Kota Malinau

2. Perencanaan teknis pembangunan Jalan Ring Road Malinau ruas Jalan Simpang Empat Pusat Pemerintahan-Tanjung Lapang-Lidung Keminci-Setulang-Punan Setarap-Batu Kajang (lanjutan)

3. Perencanaan teknis pembangunan jalan Lidung Keminci-jembatan rangka baja Sei. Terang-Jalan Poros Nasional (Malinau-Long Bawan)



E. Kabupaten Tana Tidung (1 Jembatan)

1. Review Desain Perencanaan Teknis Peningkatan Jalan Trans Kalimantan-Tideng Pale

Sumber : DPUPR-Perkim Provinsi Kaltara, 2018