Wapres batal buka KBM Pramuka nasional di Nunukan

id KBM pramuka nunukan

Wapres batal buka KBM Pramuka nasional di Nunukan

Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid saat menghadap Wapres RI, Yusuf Kalla di Istana Wapres di Jakarta beberapa waktu lalu dalam rangka pelaksanaan Kemah Bela Negara Pramuka Nasional I di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan 2-7 Mei 2018.

Oleh M Rusman

Nunukan, Kaltara, (Antaranews-Kaltara) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dipastikan batal membuka acara Kemah Bela Negara Pramuka Tingkat Nasional I di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Pembatalan itu diketahui dari surat Sekretariat Wapres Nomor: B-631/Ka.Setwapres/KK.04.01/04/2018 perihal Pelimpahan Permohonan Pembukaan Kemah Bela Negara Pramuka Tingkat Nasional I di Pulau Sebatik tertanggal 26 April 2018.

Surat pembatalan kedatangan Wapres membuka acara tersebut telah diterima Pemkab Nunukan sejak beberapa hari lalu, kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Nunukan Dian Kusumanto, di Nunukan, Rabu.

Berdasarkan surat Setwapres kepada Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani untuk membuka perhelatan pramuka ini di Bumi Perkemahan Desa Bambangan, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan.

Surat Setwapres ini menindaklanjuti surat Ketua Kwarnas Pramuka Nomor 6526.00-C perihal permohonan kepada Wapres RI JK untuk membuka acara ini yang rencana awal pada 2 Mei 2018.

Sehubungan pembatalan kehadiran JK, tanggapan masyarakat di wilayah perbatasan RI dengan Malaysia beragam.

Sejumlah warga menyatakan kekecewaannya karena harapan sangat besar Wapres JK bersedia menghadiri pembukaan KBM Pramuka tersebut.

Bahkan pihak panitia telah melakukan persiapan matang sejak beberapa bulan lalu demi kelancaran dan kesuksesan acara yang pertama kalinya ini.

Sesuai jadwal yang beredar luas KBM Pramuka Tingkat Nasional I ini akan dihadiri puluhan ribu anggota pramuka se-Indonesia yang digelar 2-7 Mei 2018.

Namun diperkirakan perwakilan sejumlah provinsi batal memgikuti acara ini karena banyak faktor.