Pemkab Nunukan dirikan pusat jajanan ramadhan

id Jajanan ramadhan

Umat Islam memadati Pasar Jajanan Ramadhan milik Pemkab Nunukan di Tanah Merah berburu kebutuhan buka puasa.

Oleh M Rusman

Nunukan (Antaranews-Kaltara) - Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kaltara mendirikan pusat jajanan Ramadhan 1439 Hijriyah di Tanah Merah Kelurahan Nunukan Utara, dengan tujuan membuka lapangan usaha kecil sekaligus mempermudah masyarakat mendapatkan pangan untuk buka puasa.

Pusat jajanan ini dikelola Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Nunukan bekerja sama BUMN seperti BNI, BRI, PT Pegadaian dan Bankaltimtara menyediakan aneka macam kue dan lauk pauk untuk kebutuhan buka puasa, kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Nunukan, Sarinah di Nunukan, Sabtu.

Ia mengutarakan, pasar jajanan Ramadhan ini pertama kali diadakan Pemkab Nunukan untuk memudahkan umat Islam mendapatkan kebutuhannya.

Memang pasar yang sama pada lokasi yang sama pula telah ada setiap bulan suci Ramadhan tetapi selama ini inisiatif masyarakat sendiri.

Melihat peluang usaha bagi pelaku UMKM khususnya kue-kue dan lauk pauk maka Pemkab Nunukan melakukan dengan memanfaatkan lokasi yang telah ada sebelumnya yakni jalan aspal.

"Pasar jajanan puasa atau pasar rakyat Ramadhan ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu setiap bulan puasa. Cuma dikelola masyarakat waktu itu. Sekarang dikelola Diskop UMKM Nunukan," terang Sarinah.

Pasar jajanan milik Pemkab Nunukan mendapat perhatian masyarakat karena menggunakan badan jalan di Tanah Merah bersebelahan dengan Pasar Pujasera Inhutani.

Pantauan Antara di lapangan, sejumlah pasar jajanan Ramadhan lain seperti Blok 3 Pasar Lama, depan Perpustakaan Daerah dan sejumlah titik yang memajang berbagai jenis jajanan buka puasa.









Pewarta :
Editor: Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar