Pemprov-Unicef Kerja Sama Imunisasi MR

id Kerjasama,Kaltara, Unicef, Imunisasi

KERJA SAMA : Wagub Kaltara H Udin Hianggio saat menerima perwakilan Unicef untuk Indonesia di ruang kerjanya, Jumat (29/6) lalu. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Dalam rangka pencegahan penularan Penyakit Campak dan Rubella, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (Unicef) Indonesia untuk melaksanakan program imunisasi Measles dan Rubella (MR) di seluruh wilayah Provinsi Kaltara. "Sasarannya adalah anak dengan rentan umur antara 9 bulan hingga 15 tahun," kata H Udin Hianggio, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara usai menerima perwakilan Unicef untuk Indonesia, Jumat (29/6) lalu.

Pemprov bersama Unicef menargetkan sekitar 95 persen anak di Kaltara dapat tervaksin. "Jika memungkinkan, saya minta untuk dapat dilakukan vaksinasi 100 persen. Karena diantara kita pasti tidak ada yang ingin menjadi 5 persen itu," urai Wagub.

Fokus imunisasi adalah penyakit Campak atau Measles dan Rubella. Karena, keduanya penyakit yang yang disebabkan oleh virus dan mudah menular melalui saluran pernafasan yang berkontribusi tinggi dalam kematian anak pada kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Secara teknis pelaksanaan vaksinasi akan dimulai Agustus mendatang di setiap sekolah dan September dilanjutkan melalui fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di seluruh pos-pos pelayanan imunisasi yang ada. "Informasinya Dinkes telah melakukan workshop sampai dengan petugas kita di lapangan selain pertemuan lintas sektor bahan penandatanganan kerjasama telah dilaksanakan," urai H Udin.

Unicef juga akan menempatkan konsultannya selama 5 bulan di wilayah Kaltara dan Kalimantan Timur (Kaltim). "Saya berharap jika ada kendala, segera dilaporkan dan saling berkoordinasi. Mengingat wilayah Kaltara yang begitu luas dan akses yang belum begitu baik," tutupnya.

Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar