3 Desa di Kaltara Naik Status ke Desa Mandiri

id Status, Desa, Kaltara,Naik, penilaian

3 Desa di Kaltara Naik Status ke Desa Mandiri

Gambar ilustrasi (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Sebanyak 3 desa di wilayah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan meningkat statusnya menjadi Desa Mandiri. Desa tersebut antara lain, Desa Sungai Pancang di Kecamatan Sebatik, Nunukan dan Desa Bunyu Barat, Kecamatan Bunyu, Bulungan, dari Desa Berkembang menjadi Desa Mandiri. Kemudian serta Desa Sungai Nyamuk, Sebatik dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri.

Dijelaskan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, berdasarkan informasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kaltara, pemilihan desa untuk meningkatkan status desa tersebut, melalui tahapan penilian Indeks Desa Membangun (IDM). Sehingga desa dapat meningkat statusnya dari desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju hingga menjadi desa mandiri. "Pada penilaian IDM terdapat 50 indikator yang menjadi penilaian untuk meningkatkan status desa di wilayah Kaltara," urai Irianto.

Dari 50 indikator itu, lanjutnya, terbagi lagi menjadi 3 penilaian. Yakni ketahanan sosial ada sekitar 35 indikator, penduduk dan ekonomi terdapat 12 indikator, serta ketahanan-ekologi terdapat 3 indikator. "Indikator penilaian akan digabung dalam satu rumusan sehingga terdapat nilai indek dari masing masing desa yang dinilai," jelas Gubernur.

Ditambahkan, dari hasil penilaian IDM tersebut, kemudian DPMD Kaltara mengajukan status desa kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) untuk diverifikasi dan disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD). "Kalau sudah ada SK-nya baru hasil penilaian itu resmi. Insya Allah, dalam bulan ini SK itu keluar," pungkas Irianto.

Hasil Penilaian IDM Wilayah Kaltara Tahun 2018

Desa Mandiri : 3 Desa

Desa Maju : 16 Desa

Desa Berkembang : 83 Desa

Desa Tertinggal : 220 Desa

Desa Sangat Tertinggal : 125 Desa

Total : 447 Desa

Hasil Penilaian IDM Wilayah Kaltara Tahun 2016

Desa Mandiri : 0 Desa

Desa Maju : 4 Desa

Desa Berkembang : 34 Desa

Desa Tertinggal : 119 Desa

Desa Sangat Tertinggal : 290 Desa

Total : 447 Desa

Sumber : DPMD Provinsi Kaltara, 2018