Antusias Pelajar DKI Ikuti SMN

id bhun kaltara

Antusias Pelajar DKI Ikuti SMN

Peserta SMN asal DKI setelah menanam Mangrove didampingi oleh TNI dalam kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Kalimantan Utara. (Datiz)

Tarakan (Antaranews Kaltara)-- Raut muka Alfa Reza (16 tahun) sore itu sangat gembira ketika sedang melakukan kegiatan outbbound bersama 22 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal DKI Jakarta lainnya.

Reza, salah satu peserta SMN berkebutuhan khusus itu begitu gigih memenuhi ember dengan air dari botol yang sengaja dilubangi yang tengah dibawanya, hingga air membasahi seluruh pakainnya.

Meskipun pendengarannya sangat kurang, Reza dengan semangat memberikan bahasa isyarat kepada kawan dalam timnya untuk meneruskan membawa air menuju ember milik timnya.

Sore itu Reza dan peserta SMN asal DKI Jakarta tengah mengikuti kegiatan outbound sebagai rangkaian kegiatan "2 Hari Bersama TNI".

Kegiatan bersama TNI ini jauh dari kata menyeramkan, 23 peserta SMN dibekali materi cinta Tanah Air dengan cara yang menyenangkan.

Pengalaman tinggal bersama TNI menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh
peserta SMN.

Mereka mendapatkan pelatihan mental dan disiplin melalui berbagai aktivitas.

Kegiatan "2 Hari Bersama TNI" diisi dengan berbagai kegiatan membangun cinta tanah air.

Kegiatan itu, antara lain ceramah tentang kenegeraan yang menggugah semangat Nasionalisme peserta SMN.

Kemudian pengenalan kapal perang langsung oleh anggota TNI dan juga pengetahuan tentang cinta lingkungan melalui kegiatan penanaman mangrove secara langsung.

"Siswa sangat terkesan dengan kegiatan penanaman mangrove secara langsung, karena ini merupakan pengalaman pertama untuk mereka," kata Sodeli, guru teladan yang juga pembimbing peserta SMN asal DKI Jakarta.


"Mereka mendapatkan pengetahuan bahwa untuk mencintai tanah air salah satu bentuk nyatanya adalah dengan merawat tanah Nusantara melalui gerakan cinta lingkungan" ujar Sodeli.

Novi, pembimbing siswa berkebutuhan khusus asal DKI Jakarta menambahkan mereka sangat menikmati setiap kegiatan yang diadakan dalam dua hari ini.

Terlebih, kata, karena disini murid berkebutuhan khusus seperti Reza mendapatkan kesempatan yang sama dengan anak lainnya untuk dapat belajar dan bermain bersama.

"Saya juga sangat bersyukur karena anak lainnya disini menerima dan empati dengan kehadiran murid-murid saya disini." imbuh dia.

Rencannya peserta Siswa Mengenal Nusantara akan menjelajah wilayah Kalimantan Utara dan mengikuti upacara di daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia, yaitu di Pulau Sebatik esok hari (16/8).

Mereka akan menaiki Kapal milik Angkatan Laut menuju Pulau Sebatik untuk mengikuti rangkaian HUT RI Ke-73 termasuk Upacara Bendera, Jalan Sehat dan Pesta Rakyat.

"Peserta SMN akan mendapatkan pengalaman mengikuti upacara di wilayah tapal batas Indonesia setelah sebelumnya menjalani pelatihan bela negara selama dua hari bersama TNI, harapannya mereka semakin dapat mencintai tanah air dan mengharagai keberagaman yang ada." ujar Ka. Corporate Communication PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana.