Kaltara terjunkan dokter pengobatan gratis di pedalaman

id dokter terbang,kaltara, bulungan, nunukan

Kaltara terjunkan dokter pengobatan gratis di pedalaman

Jadwal pengobatan gratis di pedalaman Kaltara

Nunukan (Antaranews-Kaltara) - Pemerintah Provinsi Kaltara kembali menerjunkan dokter ahli untuk melakukan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat di pedalaman, perbatasan dan pulau terluar.
Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie mengutarakan, program dokter terbang yang pernah dijalankan 2017 dianggap cukup sukses sehingga 2018 ini kembali dilanjutkan pada dua kabupaten.
Kedua kabupaten yang akan dilakukan pemgobatan gratis adalah Kecamatan Peso, Sekatak dan Pimping di Kabupaten Bulungan.
Selanjutnya di Kabupaten Nunukan untuk Kecamatan Lumbis, Lumbis Ogong, Sembakung, Sembakung Atulai, Tulin Onsoi dan Seimenggaris.
Dokter ahli yang akan dikerahkan dari ahli penyakit dalam, bedah, gizi dan ahli anak.
Melalui keterangan tertulisnya, Minggu, Irianto menjelaskan, pengobatan gratis melalui program dokter terbang ini sebagai upaya jemput bola.
Pada 2017, program yang sama digelar di Kabupaten Malinau dengan menyasar sejumlah wilayah pedalaman, terisolir dan perbatasan dengan Malaysia.
Program dokter terbang ini diharapkan dapat melayani masyarakat yang sedang sakit dan kesulitan akses berobat.
Pelaksanaan program ini bekerja sama dengan lintas sektoral baik puskesmas, dinas kesehatan kabupaten dan rumah sakit.
Ia menilai, langkah yang dilakukannya benar-benar bersentuhan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan sehingga perlu dilanjutkan.
"Pelaksanaan program dokter terbang ini sudah berlangsung sejak 3 September 2018 dimulai dari Kecamatan Peso Kabupaten Bulungan," ujar dia.