Yeay, Wisata Kaltara bisa dipromosikan melalui SIMPAR

id Aplikasi, wisata, Kaltara, SIMPAR

Yeay, Wisata Kaltara bisa dipromosikan melalui SIMPAR

PROMOSIKAN KALTARA : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menyambut kedatangan wisatawan internasional beberapa waktu lalu. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Dinas Pariwisata terus berupaya mengembangkan potensi sektor pariwisata yang ada di Bumi Benuanta ini. Berbagai terobosan dilakukan. Salah satunya melalui aplikasi berbasis teknologi informasi (TI).

Melalui aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Pariwisata (SIMPAR) ini, bertujuan untuk menunjang pengenalan objek-objek wisata yang ada di masing-masing kabupaten kota di Kaltara.

“SIMPAR yang dikembangkan Pemerintah Kaltara ini akan menunjang pengembangan dan pembangunan potensi kepariwisataan di Kaltara,” ungkap Haerani kepala Dinas Pariwisata Kaltara.

Dikatakannya, SIMPAR merupakan sistem aplikasi berbasis Android yang mudah untuk dimengerti penggunaannya. Yaitu cukup dengan mengunduhnya dengan gratis di Playstore maka siapapun dengan mudah akan mengakses informasi terkait dengan objek-objek wisata yang ada di Kaltara. “Penggunaannya cukup mudah dan sederhana,” tandasnya.

Haerani menuturkan, aplikasi ini merupakan sebuah inovasi di bidang kepariwisataan yang sejalan dengan upaya Pemprov Kaltara untuk beradaptasi dengan perubahan dunia saat ini. “Diharapkan dengan adanya SIMPAR ini, masyarakat, khususnya wisatawan baik domestik maupun manca negara akan memperoleh informasi dengan mudah terkait destinasi wisata di Kaltara,” kata Haerani.

Dalam aplikasi SIMPAR itu sendiri, imbuh Haerani, terdapat beberapa menu yang dapat diakses para penggunanya. Di antaranya, ada fitur objek wisata, wisata kuliner, wisata belanja, akomodasi, transportasi, dancalender of events. “Insya Allah, aplikasi ini akan kami launching dalam waktu dekat ini. Kami juga sudah mengumpulkan para pelaku usaha di bidang pariwisata guna mensosialisasikan aplikasi ini, sekaligus menginput data yang dibutuhkan untuk optimalisasi penggunaannya nanti,” jelas Haerani.

Lewat SIMPAR, diharapkan pula akan tersedia informasi yang up to date mengenai perkembangan dunia pariwisata di Kaltara. Dari itu, kerja sama para pelaku usaha pariwisata sangat dibutuhkan. Baik usaha perhotelan, rumah makan, travel agent dan lainnya.

“Rencananya, tahun depan SIMPAR akan dikembangkan lebih jauh lagi. Sehingga dapat digunakan oleh para pengguna smartphone yang berbasis iOS,” tutupnya.